Antisipasi Gangguan Keamanan, 171 PNS Ikuti Pelatian Bela Negara

171 PNS Ikuti Pelatian Bela Negara

Reporter : Adi Wiyono

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com –  Sebanyak  171  Pegawai negeri sipil  (PNS) atau Aaparat sipil Negara (ASN), tenaga Honorer dilingkungan Pemkot Batu dan 300 orang  dari masyarakat umum  digembleng mengikuti  acara pelatihan bela negara di Kodam V  Brawijaya  di Malang selama  enam hari

Walikota Batu Eddy Rumpoko saat ditemui, Senin (28/3/2016) mengatakan  untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air, Pemkot Batu mewajibkan seluruh PNS atau Aparat Sipil Negara (ASN), pegawai honorer/kontrak  wajib itu mengikuti  pelatihan bela Negara.

“Untuk memperkuat ketahanan nasional, maka diperlukan kader bela negara yang tangguh. Salah satu yang perlu diperkuat adalah PNS yang nota bene adalah pelayan masyarakat dan abdi negara,” ungkap ER sapaan Eddy Rumpoko.

Lebih lanjut dikatakan, dengan mengikuti pelatihan bela negara ini, maka ASN yang ditempatkan di Kota Batu sebagai pasukan cadangan dalam fungsi bela negara.

“ASN harus menguasai semua bidang, termasuk dalam bela negara. ASN harus berada di depan setelah TNI Polri ketika negara mengalami gangguan keamanan,” terangnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Achmad Suparto, mengatakan  pelatihan bela Negara dalam gelombang pertama ini terdapat  171 PNS, baik Jabatan Fungsional Umum (JFU) dan Jabatann Fungsional Tertentu (JFU) yaitu guru dan tenaga kesehatan yang mengikuti pelatihan bela negara. Selama 6 hari mereka akan dilatih oleh instruktur dari Dodik Bela Negara Kodam V Brawijaya.

“ASN yang mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara ini dibatasi maksimal usia 45. Sehingga secara fisik masih mumpuni ketika dipanggil oleh negara sebagai pasukan cadangan,” tuturnya.

Peserta pelatihan bela negara tersebut akan mendapat materi teori dan praktek, diantaranya yaitu materi tentang kepemimpinan, bahaya narkoba, bencana alam, dan kewaspadaan dini.

Selain itu juga materi tentang cinta tanah air, yaitu nilai-nilai bela negara, yakin kepada pancasila dan negara rela berkorban.

“Tujuannya, ASN memiliki kemampuan awal dalam bela negara dan memiki disiplin tinggi dalam bertugas,” tandasnya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here