Antisipasi Bandit Jalanan, Polres Probolinggo Bentuk Team Khusus Anti Bandit

oleh
Team Khusus Anti Bandit (TEKAB) Saat Latihan Di Halaman Polres Probolinggo

Probolinggo, Suara Indonesia-News.Com – Polres Probolinggo dalam upaya mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan tindak kejahatan jalanan membentuk Team Khusus Anti Bandit (TEKAB).

Tekab tersebut personilnya dari anggota Sat Sabhara yang telah dilatih secara khusus ketrampilan menembak target tepat sasaran baik dalam keadaan siap maupun tidak, juga dilatih menembak target dari atas motor trail yang dalam keadaan  melaju.

Terkait dengan dibentuknya Team Khusus Anti Bandit tersebut, Kapolres Probolinggo AKBP. Iwan Setyawan, Selasa (23/6/15) saat memantau Tekab melaksanakan latihan dihalaman belakang Mapolres, kepada insan pers mengatakan, Tekab dari Satuan Sabhara ini sudah dilatih ketrampilan khusus sebagai Team Penembak Jitu yang bisa menembak target yang menjadi sasaran dari atas motor trail yang sedang melaju.

“Tekab ini dibentuk salah satunya untuk mengantisipasi tindak kejahatan bandit jalanan khususnya jalan pantura menjelang mudik lebaran”, ungkapnya.

Mantan Kapolres Probolinggo Kota ini juga mengatakan, diprediksi jalan pantura menjelang mudik lebaran tahun ini volumenya akan mengalami kenaikan hingga 80%. Volume kenaikan arus mudik ini akan menimbulkan kerawanan tindak kejahatan/bandit jalanan. “Untuk antisipasi adanya tindak kejahatan bandit jalanan tersebut di titik-titik rawan terjadinya tindak kejahatan bandit jalanan di- jalur pantura Probolinggo akan dipasang satu Tekab”, ujarnya.

Selain membentuk Tekab untuk mengntisipasi tindak kejahatan jalanan saat arus mudik lebaran, Polres Probolinggo juga mendirikan Pos pengamanan, Pos pelayanan, Pos administrasi dan Pos tindakan disepanjang jalur pantura Probolinggo.

“Selain itu Polres Probolinggo juga melakukan antisipasi pada titik-titik jalan yang rawan laka lantas, seperti di Paiton dan Klaseman, juga melakukan antisipasi di titik-titik tempat keramaian yang rawan terjadinya tindak kriminalitas”, ucap AKBP. Iwan Setyawan menambahkan.

Untuk melaksanakan antisipasi tindak kejahatan jalanan dan kriminalitas Tekab yang dibentuk dari Satuan Sabhara ini dilengkapi dengan Senjata laras panjang jenis SS.100 kaliber.

Sementara Kasat Sabhara Polres Probolinggo, AKP. Istono mengatakan, Team Khusus Anti Bandit ini selain mempunyai ketrampilan menembak target tepat sasaran juga sudah dilatih kemampuan mengurai massa (raimas) untuk antisipasi pelaksanaan Pilkades serentak diwilayah Kabupaten Probolinggo pada pertengahan bulan Puasa Ramadhan tahun ini, ujarnya menambahkan. (Singgih).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *