Angin Kencang Kembali Terjang Sumberbrantas Kota Batu

Salah satu rumah milik warga Sumber brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang rusak diterjang angin kencang Minggu (17/11/2019) pagi.

KOTA BATU, Minggu (17/11/2019) suaraindonesia-news.com – Angin Kencang kembali menerjang Desa Sumberbrantas dan Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (17/11) dini hari. Namun kali ini yang terparah adalah Desa Sumberbrantas. Desa yang terletak 18 kilometer sebelah utara dari pusat kota ini dikabarkan ada beberapa rumah mengalmi kerusakan.

Peristiwa angin kencang desa Sumberbrantas ini termasuk yang kedua kalinya, pertama terjadi, Minggu (20/10/2019) dini hari, puluhan rumah mengalami kerusakan berat dan ringan, beberapa pohon tumbang, jaringan listrik terputus hingga mengakibatkan seluruh warga desa harus dievakuasi ketempat yang lebih aman, lebih dari 1000 warga mengunggsi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Batu Sasmito mengatakan bencana angin kencang terjadi lagi pagi ini hari minggu tanggal 17 November 2019, di wilayah Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, dan Desa Sumbergondo Kec. Bumiaji.

“Bencana angin kencang kembali terulang di kota Batu. Untuk Desa Sumberbrantas, angin kencang juga disertai material debu. untuk sementara kami bisa merillis berapa jumlah rumah yang mengalami kerusakan. petugas dari tim reaksi cepat BPBD Kota Batu masih dalam pendataan,” kata Sasmito, Minggu (17/11).

Menurutnya, saat ini Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Batu bersama TNI, Polri, Relawan sedang melaksanakan kaji cepat dampak kejadian angin kencang dan melakukan pemantauan perkembangan situasi di lapangan.

“Upaya yang dilaksanakan Tim Gabungan saat ini melakukan pembagian masker untuk warga karena kondisi debu sangat tebal. Untuk saat ini listrik dari PLN masih menyala, belum terpantau adanya pohon tumbang di sekitar lokasi kejadian,” jelasnya.

Sedangkan untuk kerusakan bangunan masih menunggu laporan dari warga setempat dan situasi di lapangan belum memungkinkan untuk melaksanakan pendataaan. Situasi jalan di Desa Sumberbrantas membahayakan bagi pengguna kendaraan Roda dua.

“Untuk itu kami menghimbau Kepada seluruh warga masyarakat Desa Sumberbrantas untuk waspada, bersiaga dan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi,” ungkapnya.

Pihaknya juga menghimbau Bagi pengguna kendaraan roda 2 untuk sementara ini diharapkan untuk menghindari melintas di Jalan Raya Sumberbrantas dan sekitarnya, karena kondisi angin kencang dan debu yang sangat tebal tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan roda 2, sedangkan bagi pengguna roda 4 yang akan melintas mohon prioritaskan keselamatan dan selalu berhati-hati.

Sementara itu Emilia seorang penjual Nasi warga RT3 RW 3 Desa Sumber Brantas Batu mengaku bahwa kejadian angin kencang itu terjadi pada Minggu (17/11/2019) dini hari tidak separah satu bulan lalu, atas kejadian kali ini keluarganya dan tetangganya selamat dari terjangan angin kencang.

“Namun ada berapa jumlah rumah yang rusak tapi kami tidak tahu persis, karena yang mendata itu BPBD dan Pak RT, yang saya tahu rumah yang rusak itu milik Pak Juari, dan satu rumah yang rusak parah ada di dekat pemandian air panas canggar, saya punya videonya,” ungkap Emilia.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here