Alokasi Dana Untuk Benih Tidak Jelas, Tanam Serentak Terancam Gagal

Kabid Produksi DinasPertanian dan Pangan, Ir. Hamdan.

Reporter : Nazli. Md

ABDYA ACEH, Kamis (23/3/2017 ) suaraindonesia-news.com – Ketersediaan benih yang dialokasikan melalui dana gampong terancam tidak terbelikan, akibat hingga akhir Maret 2017 sejumlah gampong dalam sembilan kecamatan di Kabupaten setempat belum menyerahkan Laporan Penanggungjawaban (LPJ) alokasi dana gampong tahap III tahun 2016. Akibatnya, tanam serentak MT I tahun 2017 di Aceh Barat Daya (Abdya) terancam.

Hingga saat ini hanya dari 132 gampong di Abdya yang direncakan akan mealokasikan anggaran untuk membeli benih padi pada MT I Tahun 2017 ini hanya ada 9 gampong yang telah menyerahkan LPJ ADG tahap III 2016. Sementara jadwal tanam sudah sangat dekat yakni pada minggu ketiga bulan April 2017 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Abdya, Muslim melalui Kabid Produksi Dinas setempat, Ir, Hamdan kepada awak media, menegaskan, jika memang gampong tersebut tidak bisa mengalokasikan anggaran untuk pembelian benih, maka para petani harus membeli benih secara swadaya.

Hamdan mengakui, dalam rapat dengan staf Kementrian Pertanian bersama Kepala Dinas Pertanian Provinsi, Dinas Kabupaten Abdya serta sejumlah pihak lainnya pada tanggal 22 Februari 2017 lalu, pihak dari Bidang Pembenihan Pusat di Jakarta pernah menjanjikan akan memberikan bantuan benih.

“Namun hingga saat ini benih yang dijanjikan itu belum ada, malah kemungkinan besar pihak dari Bidang Benih tersebut akan kembali turun ke Abdya untuk memastikan kembali,” aku Hamdan.

Untuk Kabupaten Abdya pada MT I tahun 2017 ini penyediaan benih padi diplotkan pada program dana gampong. Penggunaan dana gampong itu hasil kesepakatan antara Pemkab setempat dengan petani awal Februari lalu.

Dalam musyawarah itu, yang turut dihadiri unsur Forkompimkab Abdya, para keuchik, keujreun blang, keujreun chik, para camat dan menteri tani serta ketua-ketua kelompok tani yang dibuka langsung oleh Bupati Abdya, Jufri Hasanuddin, jelas Hamdan.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here