Akmal Ibrahim Resmikan Pembangunan PN Blangpidie

oleh -243 views
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH (T) bersama Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Dr. H. Gusrizal, SH, M.Hum dan Ketua PN Blangpidie, Zulkarnain SH, MH saat peletakan Batu pertama dipembangunan PN Blangpidie.

ABDYA, Kamis (24/6/2021) suaraindonesia-news.com – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim, SH meresmikan pembangunan gedung Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie di komplek perkantor Pemkab Setempat.

Dalam acara peresmian pembangunan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama (ground breaking) dilakukan secara simbolis oleh Akmal Ibrahim beserta Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh Dr. H. Gusrizal, SH, M.Hum dan Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie Zulkarnain SH, MH.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim dalam sambutanya mengatakan bahwa dirinya merasa bahagia atas terlaksananya pembangunan gedung tersebut karena untuk mendapatkan pelayanan Pengadilan, ke depan masyarakat Abdya tidak perlu lagi bersusah payah harus pergi keluar daerah.

Ia menilai selain menyita waktu dan biaya, hal itu juga tidak sesuai dengan perwujudan prinsip good governance dalam tata kelola Pemerintahan.

“Dulu, untuk mendapatkan pelayanan Pengadilan, masyarakat Abdya itu harus pergi ke Tapak Tuan Aceh Selatan, karena Abdya belum memiliki gedung pengadilan sendiri,” ungkapnya.

Dijelaskan Akmal, keberadaan pelayanan Pengadilan di wilayah itu sangat penting. Kian hari kepentingan dan permasalahan masyarakat semakin kompleks dan rumit. Masyarakat membutuhkan kepastian hukum yang baik dan benar, sementara yang berwenang mutlak atas keputusan itu sendiri adalah Pengadilan.

Lebih lanjut Akmal juga menuturkan, dengan dibangunnya gedung Pengadilan tersebut diharapkan nantinya akan menjadi tempat tumpuan masyarakat Abdya dalam menyelesaikan perkara hukum dan peradilan.

Diketahui pembangunan gedung PN Blangpidie diwacanakan akan selesai hingga 210 hari ke depan, menelan anggaran sebesar Rp. 36.362.793.000 bersumber dari APBN tahun 2021. Total tersebut di luar dari anggaran sarana lingkungan.

“Gedung Pengadilan ini dibangun di atas tanah hibah Pemkab Abdya seluas 2500 meter, tepatnya di samping Mapolres dan Kejaksaan, berdekatan dengan kantor Satpol PP, BKPSDM serta gedung DPRK Abdya,” terang Bupati.

Pantauan awak media, acara tersebut hadiri Bupati Akmal Ibrahim, Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Dr. H. Gusrizal, SH, M.Hum, Wakil Bupati Muslizar MT, Ketua DPRK Nurdianto, Kapolres AKBP Muhammad Nasution, SIK, Kajari Abdya Nilawati, SH, MH,
Dandim 0110 Letkol Inf Arip Subagiyo, Ketua Pengadilan Negeri Blangpidie, Zulkarnain SH, MH, Sekda Abdya, Drs. Thamrin, Sekretaris Mahkamah Syariah Abdya, Drs. Muhammad, Asisten I Setdakab Amrizal, S.Sos serta pejabat lainnya.

Reoorter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan