Akik Kaki Buto Ijo Dibandrol 500 Juta

Suara Indonesia-News.Com, Ponorogo – Nampaknya Kabupaten Ponorogo kembali berancang-ancang untuk meningkatkan potensi daerah terutama Batu Akik. Buktinya, mulai tanggal 9 hingga 12 April ini digelar pameran Akik dan Kontes tingkat masional bertempat di Gedung Gedung Olah Raga, Jalan Pramuka Ponorogo. Sebanyak 96 lapak yang berasal dari berbagai pengerajin Batu yang terkenal keindahannya itu berasal dari berbagai daerah dan luar pulau. Animo masyarakatpun cukup tinggi dengan membanjiri lokasi pameran bahkan sebelum dibuka secara langsung oleh Amin, Bupati Ponorogo.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Pemkab Ponorogo itu mengatakan, potensi kekayaan alam di Indonesia khususnya batu sangat membanggakan sehingga harus terus dikembangkan. Pasalnya, dengan kondisi meluasnya pasar batu akik ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Lihat jari saya setelah memakai cincin batu akik nampak lebih berwibawa dan gagah, katanya sambil menunjukkan cincin batu akik yang konon pemberian Ketua DPRD Ponorogo.

Seusai pembukaan Kepala Dinas Pariwisata Ponorogo, Sapto Djatmiko mengatakan, pemeran batu akik diawal tahun 2015 ini diikuti 96 lapak yang berasal dari pengerajin sejumlah daerah. 60 persen diantaranya berasal dari lokal Ponorogo, lainnya dari Pacitan, Surabaya, Kalimantan hingga Sumatera. Peserta sangat antusias mengikuti pemeran tingkat nasional ini, tandas Sapto.

Ia juga mengatakan, untuk kontes batu akik dikhususkan pada jenis Calsedon, yang sejauh ini banyak ditemukan diwilayah Ponorogo dan sekitarnya. Hal ini diharapkan akan berkembangnya pangsa pasar batu khas Ponorogo yang tak kalah keindahannya dengan batu dari daerah lain. Pemerintah daerah akan menfasilitasi untuk perkembangan batu akik yang juga diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat. Even semacam ini akan terus kita gelar, dan dimasa yang akan datang bisa lebih besar lagi, katanya.

Sementara salah satu peserta dari Ponorogo, mbah Suro mengatakan menyambut baik acara pameran batu akik tingkag nasional ini. Selain berbagai jenis batu, ia juga memamerkan sebuah batu jenis Jasper yang terdapat kristal berbentum mirip kaki, yang diberi nama Kaki Buto Ijo. Batu seberat lebih dari 40 kilogram itu dibandrol 500 juta rupiah. Sebagian besar batu kita ini berasal dari Pangkal Sawoo, termasuk batu Kaki Buto Ijo ini. Kita selalu mendukung acara pameran tingkat nasional ini, pungkasnya. (MUH NURCHOLIS)

Bupati Ponorogo, Amin mengamati batu akik yang dipamerkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here