Air Candi Songgoriti Dipercaya Dapat Menyembuhkan Penyakit

oleh -54 views
Pengunjung candi songgoriti

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Masyarakat luar Jawa banyak berbondong-bondong  mendatangi  candi Songgoriti  dengan harapan agar penyakit yang dideritanya  dapat sembuh, namun Candi  terletak di Kawasan Wisata Songgoriti Kota Batu ini, ternyata  masyarakat Jawa Timur khususnya warga kota Batu   tidak mengetahui jika  air yang berasal dari  candi  Songgoriti itu dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit.

Hariyanto Koordinator Candi Se Malang Raya  pada kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  Balai Cagar Budaya Mojokerto, saat ditemui di Candi Songgoriti, Jumat sore (24/7)  membenarkan  bahwa candi Songgoriti ini telah mengungkap kehebatan  kalau air yang berasal dari candi tersebut  dapat menyembuhkan segala penyakit melalui mandi dan beredam  air panas .

 Kolam renang songgoriti
Kolam renang songgoriti

“Rata-rata orang   yang mandi atau berjemur air panas  di candi songgoriti  mereka berharap agar penyakit yang dideritanya dapat sembuh dan bisa beraktifitas kembali” kata  Hariyanto

Menurutnya,  pengunjung yang minta berkah  kesembuhan itu rata-rata dari luar Jawa timur. Sedikitnya  setiap hari ada 50 orang yang mengunjungi candi yang telah berdiri sejak Tahun  888 M itu.

“faktanya, orang dari luar Jawa, seperti dari Makasar, Medan, Papua dan Banten  datang Kesini minta kesembuan. Ada yang kena struk, Kolestrol, asam urat, tekanan darah tinggi dan lain-lain, ternyata diantara mereka, dalam satu minggu atau sebulan mengabarkan bahwa dirinya  mengaku sembuh” jelasnya.

Hendra  Pengunjung  candi Songgoriti asal Tanggerang Banten tidak mau berterang bila dirinya  akan beredam air hangat  untuk sesuatu penyembuah, hanya saja ia mengaku datang ke Candi ini ingin mandi air hangat  dengan panas 47 derajat.

“Katanya ada mandi air hangat, saya mencoba kesini bersama keluarga sekalian lebaran  ke  Malang” jelasnya

Sementara Rana Mahasiswi Fakultas sastra, jurusan Bahasa Jerman Universitas Negeri Malang, saat ditemui di candi songgoriti, mengaku tidak mengetahui jika Candi songgoriti memiliki kehebatan  dalam penyembuhan penyakit.

“saya tidak tahu jika  Air Candi Songgoriti itu dipercaya banyak orang dapat  menyembuhkan penyakit, karena saya datang kesini bukan mencari penyembuhan, tetapi menikmati keindahan Candi songgoriti dan keunikannya” jelas Rana (Adi Wiyono).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *