Agrowisata Melon Jadi Usaha Unggulan UMKM Pribumi Kabupaten Sampang

Suasana saat pertemuan UMKM Pribumi Kabupaten Sampang di Totampe Beach (Cafe & Resto) Sokobanah, Sampang, Madura, Jawa Timur.

SAMPANG, Minggu (10/11/2019) suaraindonesia-news.com – Kopi Darat (Kopdar) dan Silaturrahmi perdana UMKM Pribumi Kabupaten Sampang yang bertempat di Totampe Beach (Cafe & Resto) Sokobanah Sampang, Madura, Jawa Timur menemukan Agrowisata Melon sebagai komuditi usaha unggulan.

Pertanian melon unggulan yang akan dikembangkan menjadi agrowisata terletak di dusun Marenget, desa Bire Timur, kecamatan Sokobana, Kabupaten Sampang.

“Saat ini banyak warga yang datang ke lokasi untuk belajar menanam melon,” ujar Ahmad Baidawi ketua pengurus Kecamatan Sokobanah.

Lebih lanjut Baidawi menyampaikan, bahwa pemerintah Kabupaten Sampang sangat antusias dan menjadikan program dinas pertanian dalam rangka pemberian pelatihan dan penyediaan bibit melon dengan gratis kepada warga sampang yang ingin mencoba berkebun melon.

“Kami akan memberikan bibit milon secara gratis kepada warga Sampang, selain bibit gratis kami juga akan memberikan pelatihan sebagai uji coba berkebun melon,” paparnya.

Ketua UMKM Kabupaten Sampa, Kholipi mengatakan, Ditengah maraknya usaha wisata, peluang ini yang akan dikembang Kholipi dan teman-temannya melalui program bantuan modal usaha, tanpa jaminan, tanpa bunga, tanpa angsuran dengan menjadikan kebun melon tersebut sebagai agrowisata di Kabupaten Sampang khususnya, dan di pulau madura umumnya. Mengingat madura samoai saat ini belum memiliki agrowisata.

“Dengan semangat perjuangan di hari pahlawan ini kami berkumpul menyatukan tekad berwirausaha demi peningkatan kesejahteraan masyarakat menengah kebawah dan menjadi manusia yang rahmatan lil alamin,” katanya.

Miftahol Arifin sebagai koordinator Madura UMKM Pribumi sangat bangga dan apresiatif dengan semangat yang ditunjukkan pengurus kecamatan dan Kabupaaten Sampang.

“Saya percaya UMKM Pribumi Sampang akan maju berkembang dan sukses karena pengurus kecamatan rata-rata sudah banyak memiliki pengetahuan berwirausaha, selain itu mereka tidak hanya sebagai konseptor tetapi juga eksekutor dalam dunia enterpreneur,” paparnya.

Rakor juga menghasilkan kesepakatan bersama dalam rangka motivasi seluruh pengurus kabupaten dan kecamatan di kabupaten sampang bermaksud bersilaturrahmi ke Kantor UMKM Pribumi Pusat di Jakarta.

Reporter : Halis
Editor : Amin
Publisher : Oca

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here