Abdya Akan Miliki Pasar Modern Senilai 175 Milyar

oleh -18 views
Perwakilan anggota DPRK meletakkan batu pertama pembangunan pasar modern disaksikan Bupati Abdya dan unsur Forkompinkab Abdya serta pejabat lainnya

Reporter : Nazli Md

Blangpidie-Abdya, Suara Indonesia-News.Com – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Ir. Jufri Hasanuddin, MM, melakukan peletakan batu pertama pembangunan pasar modern di Desa Cot Seutui, Kecamatan Kota Blangpidie. Senin (14/03).

Pada peletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan pasar yang megah tersebut ikut dihadiri Guru Besar Universitas Syaih Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Prof Dr Nasir Azis SE MBA, unsur Forkompikab Abdya, para kepala SKPK serta ratusan undangan lainnya.

Dalam laporan panitia pembangunan Pasar Modern, Rahwadi ST yang juga Kepala Dinas Pekerja Umum (PU), mengatakan bahwa, pasar modern lebih jauh berbeda dengan pasar tradisional disebabkan pasar modern ini terletak digedung, dan jangkauan yang lebih luas.

Dilanjutkan, pembangunan pasar modern yang salah satu program prioritas pemerintah Abdya itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Abdya yang berjangka panjang.

”Untuk anggaran pembangunan ini Pemkab mengucurkan anggaran sebesar Rp 157 milyar bersumber dari Otsus Kabupaten,”terang Rahwadi.

Dijelaskan Rahwadi, untuk tahun 2016 Pemkab Abdya mengucurkan anggaran sebesar Rp 25 Milyar, sedangkan lanjutan  pembangunan pasar basah dan fasilitasnya pada tahun 2017 dengan anggaran  Rp 35 milyar.

”Pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan seluas  10 hektar untuk komplek pasar, namun sampai saat ini baru dibebaskan hanya 4,6 hektar. Dalam waktu dekat seluruh lahan akan kita bebaskan semuanya, ini program multiyer,”jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jufri dalam sambutannya menyebutkan, pembangunan pasar modren tersebut telah semakin menyatakan Abdya sebagai lumbung dagang di pantai barat selatan Aceh.

“Dalam pembangunan pasar yang megah ini kita dari pihak pemerintah akan mengadopsi sistem  pedagang seluruh kota Blangpidie,”sebut Bupati Jufri.

Jufri melanjutkan, untuk tahun pertama setelah peresmian pasar modern, Pemerintah akan mengratiskan kepada seluruh pedagang dari masyarakat Nanggroe Breuh Sigupai.

”Yang hanya perlu biaya untuk kebersihan dan pengamanan,”tegas Bupati Jufri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *