98 Siswa Siswi SMU Negeri 1 Tanah Jambo Aye Lolos Perguruan Tinggi

oleh -348 views
Foto: Kepsek SMU Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, Talha, saat diwawancara eksklusif oleh Suara Indonesia di kafe perbatasan Panton Labu. Senin, 11 Juli 2022.

ACEH UTARA, Senin (11/7/2022) suaraindonesia-news.com – Puluhan siswa dan siswi SMU Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, lolos mendaftar diberbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di Provinsi Aceh.

Tercatat, sebanyak 241 siswa dan siswa kelas XII SMU Negeri 1 Tanah Jambo Aye melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Kemudian, 98 orang lolos menjadi calon mahasiswa.

Para calon mahasiswa ini lolos melalui jalur SNMPTN Tahun 2022 sebanyak 35 orang, jalur SNMPN 10 orang, jalur PTKIN 33 orang dan jalur SBMPTN 12 orang. Mereka semua mendaftar dengan mengambil jurusan yang berbeda-beda.

Puluhan pelajar tersebut masuk ke beberapa kampus, salah satunya Universitas Malikussaleh (Unima) Lhokseumawe, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, Universitas Teuku Umar Meulaboh, UIN Ar-Araniry Banda Aceh, Universitas Samudera (Unsam), Poltek Lhokseumawe, UIN Malikussaleh dan UIN Cot Kala Langsa.

“Alhamdulillah jumlah siswa dan siswi yang tamat Tahun Ajaran 2022 mengalami peningkatan dan diterima di berbagai Perguruan Tinggi Provinsi Aceh,” kata Kepala Sekolah (Kepsek) SMU Negeri 1 Tanah Jambo Aye, Talha mengungkapkan pada Suara Indonesia, Senin (11/7).

Pihaknya mengatakan, dibandingkan tahun sebelumnya tahun ini cukup mengalami peningkatan yang signifikan.

“Tahun sebelumnya hanya berkisar 70 hingga 80 siswa dan siswi yang lulus atau di terima berbagai jalur,” terangnya.

Menurutnya, peningkatan kelulusan diberbagai Perguruan Tinggi tersebut menandakan minat serta semangat para siswa dan siswi sangat besar dalam menempuh pendidikan ke jenjang kuliah.

“Ini sangat luar biasa, di tengah pandemi Covid-19 dengan metode belajar lebih banyak secara during, malah menghasilkan siswa dan siswi untuk tetap mempertahankan prestasi,” kata dia dengan wajah bangga.

“98 orang siswa dan siswi yang lulus di Perguruan Tinggi Provinsi Aceh ini hanya yang terdata saja. Masih banyak juga yang lulus di luar Provinsi Aceh, namun belum kita dapatkan datanya,” kata dia menambahkan.

Reporter: Masri
Editor: Miftahol Hendra Efendi
Publisher: Romla