86 Calon Taruna Ikuti Seleksi Pusat di Akmil Magelang

Suasana Pelepasan Taruna

Surabaya, Suara Indonesia-News.Com – Sekretaris I Panitia Daerah (Panda) Surabaya yang juga Asisten Personel Danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono mewakili Ketua Panda Surabaya Penerimaan Calon Taruna/Taruni Akademi TNI tahun 2015 melepas 86 calon Taruna/Taruni asal pendaftaran Panda Surabaya menuju Akademi Militer Magelang di Mako Lantamal V, Surabaya, Selasa (30/6) dini hari tadi.

86 calon taruna asal Surabaya tersebut, selanjutnya akan bersaing di panitia seleksi tingkat pusat dengan calon dari panda lainnya diseluruh Indonesia yang akan digelar di Akademi Militer Mangelang Juli mendatang.

Dari ke-86 calon Taruna/Taruni tersebut, 77 calon diantaranya adalah laki-laki (calon Taruna) dan 9 calon wanita (calon Taruni). Semula rencana diberangkatkan sebanyak 85 orang sesuai keputusan sidang Pantukhir pda (24/6) lalu, namun ada penambahan satu orang permintaan Panitia Pusat karena untuk menutupi Panda lain yang kuotanya tidak sesuai yang dibutuhkan.

Agus –sapaan akrab Sekertaris I panda Surabaya yang juga Aspers Danlantamal V ini- mengatakan bahwa Ke-86 orang Catar Akademi TNI tersebut merupakan para peserta terbaik diantara yang baik, dan jumlah tersebut telah melebihi target sebelumnya untuk Panda Surabaya yang dijatah 65 orang untuk dikirim kepusat, sehingga ada penambahan kuota sebanyak 21 orang.

“Kita berharap calon yang dikirim dari panda Surabaya ini bisa bersaing lebih keras di Pusat nanti dan saya yakin mereka bisa menunjukan hal tersebut seperti halnya mereka bisa lolos dari Panda Surabaya setelah bersaing dengan 1.406 calon lainnya dari panda Surabaya, dan harapan saya dari 86 calon yang kita kirim ke Panitia Pusat semuanya lolos tidak ada yang kembali,” harapnya.

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya sebagai Panitia Seleksi Tingkat Daerah Tes Calon Taruna dan Taruni Akademi TNI TA 2015 telah melaksanakan seleksi terhadap 1.406 orang peserta. Jumlah tersebut menjadikan Panda Surabaya sebagai panitia yang menerima jumlah peserta terbanyak dibanding panda lainnya.

Ia mengakui bahwa jumlah peserta yang melebihi target membuat panitia memberlakukan seleksi ketat dengan sistem gugur di setiap tahapan tes yang dilaksanakan.

Tercatat selama proses seleksi para peserta harus melewati tahapan tes yang panjang, dimulai dari pendaftaran, pemeriksaan awal, administrasi 1, kesehatan 1, jasmani, mental ideologi, psikologi, administrasi 2, kesehatan 2, dan terakhir pantukhir daerah sebagai tahap final proses penerimaan calon taruna dan taruni Akademi TNI Panda Surabaya.

Orang nomor satu di Lantamal V tersebut pun berharap jika dari proses yang panjang dan ketat yang telah dilaksanakan ini bisa menghasilkan calon-calon Taruna/Taruni yang berkualitas sesuai standar yang ditentukan TNI.

“Tidak hanya cakap secara postur, namun memiliki mental idiologi yang baik, psikologi yang mantap dan memiliki integritas dan kapabilitas yang tinggi untuk menjadi prajurit TNI sejati, profesional dan berjuang untuk NKRI,” tegasnya.

Usai mendapat pembekalan, seluruh calon yang didampingi dua perwira perwakilan Panda Surabaya Letkol Laut (P) Muryanto dan Kapten Laut (KH) Suahyadi, bergegas menuju kendaraan pemberangkatan yang telah disiapkan panitia sebanyak tiga bus dari Dinas Angkutan (Disang) Lantamal V. Selanjutnya rombongan dilepas calon Taruna/taruni dilepas oleh panitia untuk mengikuti seleksi akhir di Panitia Pusat magelang. Dengan pengawalan kendaraan patwal dari Polisi Militer Lantamal V

Nampak hadir pada acara pelepasan calon Taruna/Taruni tersebut Kadisminpers Lantamal V Letkol Laut (KH) Drs. I Made Suweca, Paban Dalpers Spers Lantamal V Letkol Laut (P) Muryanto, Kasi Jasrek Disminpers Lantamal V Kapten Laut (KH) Suahyadi dan beberapa personel spers lainnya.(Adhi).

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here