8 Paket Proyek Jalan Nilai Miliaran Rupiah di Lelang April Ini

oleh -48 views
Alfi Nurhidayat kabid Bina Marga DPU PR kota Batu

KOTA BATU, Senin (2/4/2018) suaraindoneasia-news.com –
Pemerintah Kota (pemkot) Batu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kota Batu, akan melelang 8 paket proyek pembangunan jalan yang nilainya miliaran rupiah pada April 2018.

8 paket proyek itu untuk perbaikan jalan dan pelebaran jalan di wilayah tiga kecamatan di kota Batu.

Alfi Nurhidayat kepala bidang (Kabid) Bina Marga DPU PR Kota Batu, saat ditemui, senin (2/4/2018) mengatakan 8 paket proyek yang akan dilelang itu anggarannya diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK)tahun 2018dan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) tahun 2018.

“Tahun 2018 ini DPU PR kota Batu mendapatkan dana dari 8 paket proyek, masing-masing 7 dari DAK dan satu dari DBHCB. Di launching April ini karena sudah dilakukan review perencanaan dan bulan April ini Insaya Allah akan dimasukan ke Layanan Pengadaan secara Elektronik (LPSE),” kata dia.

Lelang proyek di DPU PR ini, kata Alfi, sebenarnya bukan mengalami keterlambatan, tetapi proses lelang harus melalui tahapan-tahapan, Artinya tahapan-tahapan itu dilakukan sedemikianrupa sehingga aspek keamanan dan kenyamanan terpenuhi.

“Kalau dulu review satu kali dua kali seelesai, tetapi untuk sekarang tidak demikian, satu paket kegiatan, direiew berulang-ulang. Dimaksudkan pengerjaaanya itu sempurna dan fix ketika nanti dimasukkan ke LPSE sudah tidak ada lagi revisi,“ ungkapnya.

Paket lelang di tiga kecamatan yakni Junrejo, Bumiaji, dan kecamatan Batu itu nilai proyek minimal Rp 500 juta, dan yang tertinggi Rp 3 miliar, sedang yang Rp 3 Miliar itu adalah pelebaran jalan di Jalan Suropati, dengan pajang satu kilometer dengan lebar kanan kiri satu meter.

Seelain itu, perbaikan jalan dengan system hotmit di Jalan Dewi Sartika sepanjang 800 meter sebagian ada yang dilebarkan dengan mengunakan system over lay.

“Selain melakukan pengaspalan jalan, DPU PR juga akan melakukan pelebaran degan system beton, rigid Pavement, Hal ini karena kultur tanah lembek, Seperti nanti akan dilakukan pengecoran di jalan yang menghubungkan Pandarejo dan Temas sepanjang 2 Km,” jelas Alfi.

Menurutnya, Jalan sepanjang 2 km Pandanrejo dan Temas itu termasuk Jalan baru, dilakukan cor beton untuk meningkatkan status yang dulunya jalan kampung akan menjadi jalan tembus.

“Ini tidak lain untuk mengurai kemacetan ditengah kota. Jalan tersebut akan dilebarkan antara 4 sampai 6 meter,” pungkasnya.

Reporter : Adi Wiyono
ditor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *