68 Calon Paskibra Abdya Mulai Diintensifkan Pelatihan

Reporter: Nazli Md

Abdya, suaraindonesia-news.com – Menjelang pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-71, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai memfokuskan pelatihan kepada Pasukan Pengibaran Bendera (Paskibra) Kabupaten setempat.

Kadisbudparpora Abdya, Drs H Azhar Munthasir Msi melalui ketua pelaksana penyeleksian Paskibra Abdya, Edi Faisal, Rabu (13/7) menyebutkan, seleksi Calon Paskibra sudah dilaksanakan jauh hari sebelumnya dan telah menetapkan 68 Calon Paskibra tingkat Kabupaten Abdya untuk mengikuti pelatihan lebih lanjut.

“Bagi Calon Paskibra yang sudah dinyatakan lulus seleksi akan mengikuti pelatihan secara intensif yang di pusatkan di Lapangan Sepak Bola Persada Blangpidie selama 30 hari,” sebut Edi Faisal.

Lebih lanjut disebutkan, 68 calon Paskibra itu merupakan putra-putri terbaik kabupaten Abdya dari sejumlah sekolah menengah atas sederajat yang sebelumnya sudah diseleksi secara ketat.

”Paskibra tingkat Kabupaten mendapatkan latihan baris-berbaris, latihan penghormatan, tata cara pengibaran bendera dan penurunan bendera serta pelatihan lainnya,” terang Edi.

Selain itu, lanjut Edi, para peserta Paskibra juga diajarkan wawasan kebangsaan, rasa kekeluargaan, kekompakan. Serta,  yang paling terpenting fisik dan mental.

”Para calon Paskibra akan ditempa melebur sikap egois dan individualis. Hal ini dikarenakan Paskibraka membutuhkan kekompakan dan kebersamaan,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Edi juga menyebutkan, sebelum menjadi seorang Paskibraka, calon Paskibraka akan mengikuti pengukuhan Paskibraka pada tanggal 16 Agustus malam.

”Setelah dikukuhkan sebagai Paskibraka dan siap mengibarkan bendera merah putih saat upacara 17 Agustus,” imbuhnya.

Edi Faisal juga mengharapkan para peserta Paskibraka benar-benar menyiapkan fisik dan mental guna suksesnya pelaksanaan pengibaran dan penurunan bendera saat Upacara Kemerdekaan HUT RI ke 71 tanggal 17 Agustus nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here