600 Calon Taruna Lakukan Daftar Ulang Untuk Menjadi Taruna Angkatan 2015

oleh -117 views

Suara Indonesia-News.Com, Surabaya – Hingga Jumat tanggal 24 April 2015 ini, sudah tercatat sedikitnya 660 calon taruna/taruni yang telah melakukan pendaftaran ulang di Panitia Daerah Surabaya untuk menjadi Taruna dan Taruni Akademi TNI tahun 2015.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Panitia Daerah Surabaya Penerimaan Taruna/Taruni Akademi TNI tahun 2015 yang juga Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal V) Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah dalam rapat konsolidasi Panda Surabaya yang digelar di Rupatama Mako Lantamal V, Surabaya, Jumat (24/4).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kasdam V/Brawijaya yang juga Wakil Ketua Panda Surabaya Brigjen TNI Joppye Onysimus Wayankau, Karumkital Dr.Ramelan/Ketua Tim Rikes Laksma TNI Dr. Nalendra, Sekertaris Dinas Psikologi Angkatan Laut/Katim Psikologi Kolonel Laut (KH) Mitra, Kalapetal Kolonel laut (S) Ikhwan Sahfaria, Kajasdam/Katim Jasmani, Asintel Kodam/Katim Mental Idiologi, Sekertaris Panitia I yang juga Aspers danlantamal V Kolonel Laut (KH) Drs. Agus Suharsono dan seluruh panitia yang terlibat dalam kepanitian Panda Surabaya lainnya.

Menurut Rudy -sapaan akrab Danlantamal V- bahwa pola rekruitmen calon taruna (Catar) Akademi TNI tahun 2015 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tahun ini pendaftaran dilakukan secara terintegrasi dari tiga angkatan baik AD, AL maupun AU.

Jumlah 660 pendaftar tersebut terdiri dari 625 calon Taruna dan 35 lainnya calon Taruni yang telah mendaftar ulang sejak 15 Maret 2015 lalu dari tempat mendaftar Mako Lantamal V, Ajendam V/Brawijaya, Ajenrem Surabaya dan Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

“Pendaftaran calon taruna/taruni TNI ini akan dibuka hingga tanggal 8 Mei mendatang, jadi masih ada kesempatan bagi putra-putri terbaik bangsa untuk mengabdi kepada bangsa melalui jalur TNI,” terangnya.

Dalam rapat konsolidasi tersebut juga dibahas berbagai permasalahan baik mengenai kesiapan tempat pelaksanaan test, materi test dan mekanisme pelaksanaan test dan hal pendukung lainnya.

Menurutnya hal tersebut harus dipahami sebagai gambaran dan pedoman penyelenggaraan kegiatan penerimaan Taruna Taruni Akademi TNI TA 2015 bagi seluruh Panitia Daerah Surabaya agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan tertib, lancar dan obyektif, sehingga diperoleh calon Taruna Taruni Akademi TNI yang memenuhi persyaratan sesuai kualitas dan kuantitas yg ditentukan.

Dalam keempatan tersebut juga dibahas secara detil tentang tahapan pelaksanaan test yangb meliputi materi meliputi uji pemeriksaan administrasi (Rikmin), kesehatan 1 kesehatan 2, kesehatan jiwa, uji jasmani, mental idiologi, psikologi, sidang parade dan pantukhir daerah.

Dari jumlah 660 orang per 24 April ini lanjutnya, diprediksi pada penutupan pendaftaran pada 8 Mei mendatang, jumlal pendaftar akan mencapai seribu peminat lebih. Hal tersebut akan berdampak pada proses seleksi yang berjalan ketat dan berlaku sistem gugur dalam artian calon peserta akan berguguran mulai dari Uji Rikmin dan selanjutnya.

Proses seleksi Panda Surabaya akan dimulai pada 11 Mei hingga 24 Juni 2015 yang akan dilaksanakan di komplek Kobangdikal dan Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumimoro, Surabaya. Calon Surabaya ini akan dikirim seleksi tingkat pusat di Akademi d,

Magelang yang akan digelar mulai tanggal 6 hingga 24 Juli 2015 mendatang.(Adhi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *