Ketinggian Ombak Hingga 5 Meter, Adpel Kalianget Tunda Semua Pelayaran

Sejumlah Penumpang Di Pelabuhan Kalianget Sumenep

Sumenep, Sura Indonesia-News.Com – Warga Kepuauan ahirnya terpaksa harus bertahan di pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, hinggal tanggal Rabu (15/7/2015), Pasalnya, Administrator Pelabuhan (Adpel) setempat menunda surat persetujuan berlayar (SPB) mengingat ketinggian gelombang laut mencapai 2hingga 3 meter.

“Untuk sementara pelayaran disemua jalur di perairan Sumenep ditangguhkan mengingat ketinggian ombak mencapai 2 sampai 5 meter,” kata Fajar Sidik, Petugas Adpel Kalianget, Senin (13/7/2015).

Menurutnya, kecepatan angin disemua jalur perairan Sumenep saat ini mencapai 30-34 knot per jam, sehingga menurutnya kondisi tersebut bisa membahayakan.

“Itulah yang menyebabkan dikeluarkannya penangguhan pelayaran untuk mencegah terjadinya hal tidak diinginkan,” ujarnya.

Sementara, sesuai data di Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Kalianget, ketinggian ombak saat ini disemua jalur laut seperti Masalembu, Kangean dan Sapeken mencapai 4-5 meter dengan maksimum kecepatan angin 60 km perjam.

“Dengan ketinggian ombak dan kecepatan angin seperti itu tidak aman bagi pelayaran. Kami sudah memberikan informasi terkai kondisi cuaca ini ke pihak Adpel,” terangp Joko Sulistio, Kepala BMKG Kalianget Sumenep.(Zai).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here