Ditengah Pandemi Covid-19, Gerakan Irmaja Bersedekah Kembali Digulirkan

oleh -49 views
Ikatan Remaja Masjid Jami (Irmaja) Desa Kubah Sentang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, kembali menggulirkan program “Gerakan Irmaja Bersedekah”, Minggu, (12/7). (Foto: M. Habil Syah/SI).

DELI SERDANG, Minggu (12/07/2020) suaraindonesia-news.com – Setelah dua bulan untuk sementara diberhentikan karena datangnya bulan suci Ramadan dan lebaran Idul Fitri1441 Hijriah, Ikatan Remaja Masjid Jami (Irmaja) Desa Kubah Sentang, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, kembali menggulirkan program “Gerakan Irmaja Bersedekah”, Minggu (12/7).

Ketua Irmaja Kubah Sentang Diki Hamdani didampingi Bendahara Sindi Praditia dan sejumlah anggota menuturkan, Gerakan Irmaja Bersedekah merupakan program kepedulian terhadap warga sekitar yang dinilai kurang mampu dan telah berjalan 5 bulan.

“Alhamdulillah, hari ini kita kembali bisa menggulirkan program Gerakan Irmaja Bersedekah. Kemarin kita berhenti sebentar karena bulan suci Ramadan juga selama Idul Fitri. Hari ini ada dua orang yang kita santuni,” ungkap Diki.

Menurut Diki, Gerakan Irmaja Bersedekah awalnya lahir dari ide kepedulian dari anggota yang sepakat untuk menyisihkan uang jajan Rp1.000 setiap hari.

“Namun sifatnya tidak wajib karena anggota ini kan belum bekerja dan masih minta sama orang tua,” jelasnya.

Setelah berjalan sekira 5 bulan, program ini didukung banyak masyarakat yang bersedia menjadi donator tetap. Namun untuk kegiatannya tidak lagi dilakukan setiap pekan, tapi 2 kali dalam sebulan.

“Kalau sebelumnya kita rutin setiap hari Minggu pagi. Tapi kita sepakati jadwalnya diubah menjadi 2 kali dalam sebulan,” terang Diki.

Sementara Pembina Irmaja yang juga Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Jami Amirul Khair menuturkan, aksi kepedulian sosial ini merupakan salah satu program rutin dan masuk salah satu dari 10 program BKM Jami Kubah Sentang periode 2020-2022.

Menurutnya, program Gerakan Irmaja Bersedekah bukan saja untuk berbagi kepedulian terhadap duafa, tapi juga menginspirasi dan mengajak umat Islam sekitar masjid agar peduli terhadap sesama terlebih dalam situasi pandemi Covid-19.

Selain itu juga menumbuhkan empati dalam diri anggota Irmaja Kubah Sentang sendiri mau, berani dan peduli dengan menyisihkan uang jajan yang diberikan orang tua mereka.

“Jadi manfaatnya sangat baik dan luas. Selain peduli terhadap warga kurang mampu, juga untuk menumbuhkan kepedulian dalam diri mereka. Berani dan mau tidak, mereka menyisihkan sebagian dari uang jajan yang diberi ayah atau ibu mereka sehari-hari,” urai Amirul.

BKM Jami Kubah Sentang akan mendukung penuh program Irmaja yang sangat bermanfaat terlebih dalam upaya mendorong Desa Kubah Sentang bisa menjadi “Kampung Sadar Zakat” yang akan diawali dari masjid.

Sementara dua warga yang menerima santunan sembako dalam bentuk beras, minyak goreng, gula dan teh, Sarifah (50) juga Sabarik (70) mengapresiasi kepedulian anggota Irmaja juga orang-orang yang sudah berinfak dengan doa mendapatkan kebaikan dan pahala amal jariah.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *