11 OPD Dinilai Buruk Dalam Pelayanan Publik Oleh Ombudsman RI

oleh
Plt Bupati Lumajang dr Buntaran Suprianto

LUMAJANG, Sabtu (3/3/2018) suaraindonesia-news.com – 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Lumajang, Propinsi Jawa Timur, dinilai buruk dengan pelayanan publik, oleh Ombudsman Republik Indonesia.

Dan 11 OPD Kabupaten Lumajang masuk dalam katagori zona merah, karena nilainya hanya 22,04.

Meskipun begitu, ada sebuah kejanggalan atas Surat Ombudsman tersebut yang berisi rapor merah terjadap penilaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang yang ramai tayang di sejumlah media sosial.

Salah satu kejanggalan tersebut antara lain, Pelaksanan Tugas (Plt) Bupati Lumajang, dr Buntaran Suprianto MKes menyatakan kalau dirinya belum menerima surat tersebut, padahal di media sosial sudah ramai.

“Tapi bukan beranti surat itu tidak ada. Yang jelas saya memang belum menerima surat itu. Sehingga belum bisa memastikan, kebenarannya,” kata dr Buntaran saat dimintai keterangan akan hal itu di rumah dinasnya tadi.

Menurut dr Bunataran bisa juga surat dari Ombudsman itu benar adanya, tapi belum sampai kepada dirinya.

“Saya janji dalam dua hari ke depan akan memberi jawaban terkait kebenaran surat tersebut,” tambahnya lagi.

Baca Juga: Persiapan Adipura, Plt Bupati Lumajang Tekankan Tim Pantau Sejumlah Tempat 

Dalam surat bertanggal 20 November 2017 itu, disebutkan bahwa produk layanan administrasi Kabupaten Lumajang sepanjang 2017 berada dalam zona merah.

Kriteria zona merah itu menyusul nilai rapor yang diberikan ombudsmen sepanjang satu tahun itu yang hanya 22,04.

Nilai itu merupakan akumulasi bagi sebanyak 57 produk layanan publik. Menurut surat yang beredar, katogori zona merah berlaku untuk rentang nilai 0 hingga 50.

Zona merah memiliki arti rendahnya kepatuhan pemerintah daerah terhadap implementasi standar pelayanan publik. Banyak proses dan prosedur yang tidak jelas, ketidakpastian jangka waktu pelayanan. Khususnya ketidakpastian hukum perizinan investasi.

Kategori di atasnya, zona kuning, berlaku untuk rentang nilai 51 hingga 80. Yang berarti memiliki tingkat kepatuhan sedang. Di atasnya lagi, zona hijau, dengan rentang nilai 81-100. Yang artinya memiliki tingkat kepatuhan tinggi.

Sementara Ketua Ombudsman RI, Agus Widiarta ketika dikonfirmasi hal itu belum bisa memberikan jawaban lengkap, sebab datanya ada di meja kerjanya.

“Ya mungkin pas jam kantor nanti kami siapkan datanya agar wawancaranya lengkap,” jawab Agus kepada wartawan singkat.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Panji
Publisher : Tolak Imam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *