1.280 Paket Vaksin Covid-19 Tiba di Kota Batu

oleh -67 views
1.280 paket vaksin Covid-19 tahap pertama, tiba di kota Batu Jawa Timur.

KOTA BATU, Selasa (26/1/2021) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 1.280 paket vaksin Covid tahap pertama, tiba di kota Batu Jawa Timur. Vaksin yang dikirim dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur ke gudang milik Dinas Kesehatan Kota Batu di Jl. Samadi Kota.

Vaksin satu box tahap pertama rencananya akan lakukan pada Kamis 28 januari 2021, oleh Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu, Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat serta tenaga kesehatan (nakes)

Kepala Dinas Kesehatan, drg Kartika Trisulandari mengatakan bahwa vaksin Covid-19, tahap pertama ini, Kota Batu mendapat jatah satu box vaksin berisi 1.280 vial (dosis). Sedang pendistribusian vaksin ini akan dilakukan melalui sebuah kegiatan pencanangan.

“Untuk pencanangan, rencananya kami lakukan pada Kamis 28 januari 2021, oleh Wali Kota Batu, Wakil Wali Kota Batu, Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat,” ungkap drg Kartika, saat ditemui, Selasa (26/1/2021) siang.

Menurutnya, selain Walikota Batu, forkopinda, tokoh masyarakat, pemberian vaksin serentak juga akan dilakukan di 9 fasilitas kesehatan. Meliputi 4 puskesmas dan 5 rumah sakit.

Vaksin yang diterima Kota Batu pada tahap pertama ini, kata Kartika, sasaran prioritas utamanya adalah 630 tenaga kesehatan (nakes) dari 2.023 nakes yang terdata. Setiap nakes akan mendapatkan dua dosis, karena kinerja mereka berkaitan erat dengan penanganan covid-19.

“Sasaran pertama kita adalah nakes yang bertugas di ruang isolasi dan ICU. Selanjutnya diberikan kepada tenaga medis yang bertugas melakukan tracing di Puskesmas,” imbuh drg Kartika.

Lanjutnya, Sesuai jadwal, dalam sehari ada 20 orang yang akan mendapatkan vaksin. Kendati saat ini di Kota Batu angka pasien covid-19 sudah mulai landai, namun ia berpesan agar masyarakat tetap melakukan pencegahan dengan melakukan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan 3T yakni Tracing, Testing, Treatment.

“Sebab pemberian vaksin bukan pengobatan tapi itu hanya untuk pencegahan,” Pungkasnya.
Adi Wiyono.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *