Warga Tokoh Dua dan Aparatur Gampong Rambong Gotroy Bersihkan Mesjid

Reporter: Nazli Md

Blangpidie-Abdya, suaraindonesia-news.com – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan tahun 2016, masyarakat Gampong Tokoh II (dua) Kecamatan Lembah Sabil dan aparatur Gampong Rambong Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan gotong royong membersihkan sejumlah mesjid dan sarana ibadah.

Nasrul MD Keuchik Gampong Tokoh II menyebutkan, kegitan itu merupakan rutinitas yang dilakukan masyarakat Desanya setiap Jum’at bersih maupun dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

“Ini rutinitas yang sudah kita agendakan,”sebutnya. Jum’at (27/05/2016).

Diakuinya, selama ini memang budaya gotong royong sudah mulai pudar didalam masyarakat, padahal itu merupakan sebuah tradisi yang harus pertahankan dan ditumbuh kembangkan karena memiliki niai yang sangat positif.

“Kita akui atau tidak, budaya gotong royong hampir tidak ada lagi, padahal dengan adanya tradisi itu, banyak hal positifnya yang kita peroleh seperti tumbuhnya rasa kebersamaan, persatuan, rela berkorban dan sosialisasi,” sebut Nasrul.

Ditempat terpisah, Abdullah Hamid salah seorang aparatur gampong Desa Rambong Kecamatan Setia juga menyebutkan gotong royong sekilas memang terlihat mudah dan sederhana, namun dibalik kesederhanaannya tersebut, menyimpan berbagai nilai dan mafaat yang cukup besar.

Menurutnya, tradisi gotong-royong diperlukan sebagai suatu solidaritas antar sesama dalam satu kesatuan wilayah atau kekerabatan.

“Sifatnya rahmatallil’alamin, hanya cukup dengan pemberitahuan melalui mikrofon dibalai desa tentang kegiatan dan waktu pelaksanaannyan,” jelas Abdulllah.

Dikatakan Abdullah yang juga imam masjid Desa Rambong itu, dalam gotong royong kali ini hanya melibatkan aparatur gampong saja dengan membersihkan sarana ibadah dan perbaikan sumber-sumber air yang sangat dibutuhkan saat Ramadhan nanti.

“Alhamdulillah berkat kerja sama dan keikhlasan kita semua kegiatan bersih-bersih ini berjalan lancar dan sukses,” pungkas Abdullah singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here