Wantimpres : Kunker Bukan untuk Mencari Kesalahan

oleh -203 views

LUMAJANG, Kamis (12/4/2018) suaraindonesia-news.com – Tim Dewan Pertimbangan Presiden (Wantipres) RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Lumajang, dan itu bertujuan bukan mencari kesalahan, namun ini dilakukan untuk cek riil dipaparkan dengan kondisi yang sebenarnya.

Tim Wantimpres tersebut secara langsung diterima dan disambut Plt Bupati Lumajang di ruang Peringgitan rumah Dinas Bupati, sejak tadi pagi.

Dari pantauan media, Tim Wantimpres tersebut, dipimpin oleh Prof. DR. A. Malik Fadjar, MSc. “Kunjungan ini merupakan bagian dari tugas Wantimpres, untuk mengetahui kondisi riil lapangan,” kata Malik Fadjar.

Malik Fadjar, dalam sebuah sambutannya juga mengungkapkan, bahwa kunjungan kerja tersebut bukan mencari-cari sebuah kesalahan.

“Jangan salah sangka, kami tidak memata-matai. Tetapi, kami ingin melihat masing-masing daerah melakukan penyelenggaraan pemerintahan, dan pembangunan sesuai dengan garis Nawacita pemerintahan Presiden Joko Widodo,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa tugas utama Wantimpres adalah memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presieden dengan 9 anggota yang membidangi Bidang Politik, Hukum dan HAM, Ekonomi dan Keuangan, Pertahanan dan Keamanan, Kesejahteraan Sosial, Pendidikan dan Agama.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga menjelaskan bahwa bidangnya akan melakukan peninjauan terkait dengan kesejahteraan sosial khususnya di bidang keagamaan mengingat tahun ini merupakan tahun politik, untuk meminimalisir permasalahan tersebut.

Baca Juga: Paslon H Rofik – Nurul, Pikirkan Soal Pendidikan Gratis 

“Saya berharap Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) menjadi salah satu lembaga yang bisa mengendalikan permasalahan di bidang keagamaan,” ujarnya.

Sebab kata Malik Fadjar, FKUB itu harus menjadi pilar yang sangat penting, tidak ada konflik yang lebih luas dampaknya kecuali konflik umat beragama. Apalagi saat ini memasuki tahun politik.

Sementara itu, Plt. Bupati Lumajang, dr. Buntaran Suprianto, M.Kes., menjelaskan bahwa Lumajang ini adalah kota sedang, penduduknya juga tidak begitu banyak sekitar Rp 1 juta seratus.

Plt. Bupati Lumajang juga mengaku bangga bisa mendapatkan kunjungan dari Wantimpres seperti kali ini.

Dalam forum tersebut, Plt. Bupati Lumajang menjelaskan berbagai potensi dan produk unggulan Kabupaten Lumajang.

“Lumajang ini juga memiliki banyak potensi di bidang pariwisata, seperti obyek wisata B-29 yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) akan dikelola oleh Badan Otoritas yang dibentuk Pemerintah Pusat,” bebenya.

TNBTS tersebut selain masuk wilayah Kabupaten Lumajang, juga ada yang merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Di sisi lain, Kabupaten Lumajang juga potensial di sektor pertanian.
“Dalam sektor ini, Kabupaten Lumajang merupakan penyangga nasional. Diantara produk unggulannya adalah, salak Pronojiwo, pisang agung dan pisang mas kirana,” jelasnya.

Kunjungan kerja Tim Wantimpres selama di Kabupaten Lumajang, mengunjungi Kantor Kemenag, SMK Muhammadiyah Lumajang, Yayasan Bahrusy Syifa’ Bagusari Jogotrunan dan beberapa destinasi wisata, Situs Biting dan Panorama alam B-29.

Reporter : Achmad Fuad Afdlol
Editor : Agira
Publisher : Imam

Tinggalkan Balasan