Walikota Batu Siapkan Anggaran Canangkan 1000 Taman

oleh -130 views
Foto: Arief as sidhiq kepala dinas lingkungan hidup kota batu. (Foto: Adi Wiyono/SI)

KOTA BATU, Selasa (22 Agustus 2017) suaraindonesia-news.com – Walikota Batu Eddy Rumpoko tahun ini mecanangkan 1000 taman yang ada diseluruh jalan-jalan di kota Batu dengan ikon vertical garden yang melibatkan seluruh masyarakat, pelaku-pelaku usaha, RT/RW mulai dari hulu hingga hilir.

Kepala Dinas lingkungan Hidup , Arief As Shidiq, mengatakan pencanangan 1000 taman itu akan dilakukan pada semester dua tahun 2017, selanjutnya Pemkot Batu telah menyiapkan anggaran termasuk biaya perawatan dan pemeliharaan taman.

“Untuk mewujudkan 1000 taman itu Pemkot Batu akan men support anggaran, dan nantinya ada yang mengurusi taman, namanya camat taman, ia khusus menangani tanaman diwilayah Kota batu,” Kata Arief.

Diharapkan dengan terwujudnya taman itu akan mampu menuju Kota Batu yang bersih, asri dan sejuk, dan terbuka hijau mulai dari kampung, dari sudut desa, RT/ RW hingga perkotaan.

“Taman ini nantinya Basisnya basis masyarakat, kita akan melibatkan seluruh elemen masyarakat, Artinya penghijauan dan pemberdayaan masyarakat dilibatkan secara langsung dalam penataan lingkungan,“ ungkapnya.

Selanjutnya untuk kebersihan, menjadi kota yang asri, sejuk, kata dia perlu instalasi pengelolahan limbah yang tepat dan cepat, taman jalan dan system pengelolahan, nantinya ada team work yang terprogram terencana dan terkendali.

Soal bibit tanaman kata Arief, tidak menjadi masalah karena dinas lingkungan hidup akan membagikan bibit tanaman hias dan bunga kepada seluruh masyarakat untuk ditanam. Baca Juga: Antisipasi Penggunaan Narkoba, Ratusan Siswa di Test Urine

“Makanya, peran serta masyarakat sangat diperlukan. Bergotong royong, Soal tanaman diserahkan pada masyarakat, Karena mereka yang tahu persis areal mana yang kurang asri untuk ditumbuhi tanaman,” sambungnya.

Meski demikian pihaknya akan tetap memantau dan melakukan pendampingan, Konsep ini diharapkan bisa menggairahkan seluruh warga untuk menyongsong Kota Batu yang bersih, sehat, asri dan hijau.

Mantas kadis Bina Marga dan tata ruang kota Batu ini juga menyebut , untuk Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2017 DPRD sudah mengesahkan beberapa kegiatan yang diperuntukan oleh Dinas lingkungan Hidup. Seperti revitalisasi taman-taman yang dinilai sudah perlu dibenahi.

Pantauan dinas lingkungan hidup Ada du taman yang akan direvitalisasi karena nampak kumuh dan kurang bersih. Yaitu Taman Temas dan Taman Tlekung. Dan Perlu tambahan bunga, tanaman hias dan saluran air. (Adi Wiyono)

Tinggalkan Balasan