Walikota Batu Naikan Bantuan Tempat Ibadah 12 Kali lipat

oleh -231 views
Walikota Batu Eddy Rumpoko

KOTA BATU, Minggu (6 Agustus 2017) suaraindonesia-news.com – Walikota Batu Eddy Rumpoko yang akan mengakhiri masa tugasnya 26 Desember 2017, Minggu (6/8) sore memberikan kado manis kepada masyarakat Kota Batu. Politisi dari PDIP ini menaikan bantuan tempat ibadah hingga 12kali lipat. Atau dari sebelumnya Rp 1 Miliar menjadi Rp 12 Miliar

Mushola yang semula mendapat bantuan Rp 1 juta per tahun, kini dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 naik 12 kali lipat yakni mendapat bantuan Rp 1 juta per bulan atau mendapat bantuan Rp 12 Juta.

Eddy Rumpoko Walikota Batu mengatakan bahwa mulai tahun 2017 ini bantuan tempat ibadah dinaikan 12 kali lipat, bukan hanya berlaku untuk tempat ibadah umat islam saja tetapi berlaku seluruh umat beragama.

“Bantuan itu digunakan untuk operasional tempat ibadah dan tidak boleh disalahgunakan untuk kegiatan organisasi” kata dia. Baca Juga: Polsek Kemang Ungkap Kejahatan Curanmor, Beberapa Unit Kendaraan Disita

Kegiatan organisasi kata dia, ada jalurnya sendiri, karena itu pemerintah sudah memberikan kepada organisasi social maupun organisasi keagamaan di kota Batu termasuk organisasi social kemasyarakatan yang ada di desa/kelurahan di Kota Batu.

“Pemberian bantuan ini adalah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pemkot Batu, dengan harapan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh takmir dan pengurus masjid atau mushala,” ungkapnya.

Jumlah Pemberian Dana Operasional Masjid dan Mushola serta tempat ibadah itu diberikan kepada pengurus di 24 desa/ kelurahan di kota Batu, dengan jumlah Masjid 166, masing-msing mendapat bantuan Rp 24 juta per tahun atau Rp 2 juta per bulan, sedang Mushola 566, masing-masing mendapat bantuan Rp 12 juta atau masing-masing mendapat bantuan Rp 1 juta per bulan.

Untuk tempat ibadah umat kresten dan katolik, 31 Gereja mendapat bantuan Rp 2 juta per bulan atau Rp 744 juta per tahun dan 5 buah tempat ibadah ukuran kecil masing- masing mendapat Rp 12 Juta per Tahun, sedang pura dengan jumlah empat buah masing-masing dapat bantuan Rp 2 juta per bulan. Dan Vihara tujuh buah masing-masing mendapat bantuan Rp 2 juta, dengan total anggaran Rp 12 Miliar

Data di Kesra kota Batu, bantuan dana opreasional masjid dan mushola yang diberikan tahun ini besarannya berubah dan jumlah mushola berubah, semula musola berjumlah 557 tahun ini 566 yang tersebar di tiga kecamatan di Kota Batu (Adi Wiyono)

Tinggalkan Balasan