Walikota Batu Berikan Bantuan Masjid dan Mushola Rp 1 M

Reporter : Adi Wiyono

Kota Batu, suaraindonesia-news.com – Walikota Batu Eddy Rumpoko, Di Masjid Kolonel Sugiono Balai Kota Among Tani  Kota Batu,  Kamis (21/4/2016) sore memberikan bantuan  Dana Operasional Masjid (DOM) kepada  723  Takmir masjid dan mushola di  24 desa/ kelurahan di kota Batu sebesar Rp 1 Miliar.

Bantuan tersebut diberikan  langsung  oleh Eddy Rumpoko  kepada ketua Takmir di masing-masing Mushola dan Masijd  yakni 166 masjid dan 557 musala.masing-masing Masjid menerima   bantuan sebesar Rp 2,5 juta sedang mushola  menerima batuan Rp 1 juta.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Teguh Wijayanto, mengatakan  bantuan dana opreasional masjid dan mushola yang diberikan tiap tahun ini besarannya tetap dengan tahun sebelumnya, yaitu setiap masjid di Kota Batu mendapatkan bantuan Rp 2,5 juta, sementara untuk musala mendapat DOM Rp 1 juta.

“Pemberian bantuan ini adalah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pemkot Batu menjelangg puasa, dengan harapan bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh takmir dan pengurus masjid atau musala,” ungkap Teguh.

Menurutnya,  Pemberian DOM tahun 2016  mengalami kenaikan  dari tahun sebelumnya karena adanya penambahan jumlah mushola, sebelumnya  475 tapi kini menjadi 557 Mushola. Tetapi untuk besaran bantuan dimasing-masing mushola tidak mengalami kenaikan tetap.

“Sementara ini  untuk bantuan DOM,  tidak ada penambahan nilai  dimasing-masing masjid dan mushola, Karena niat Pemkot  Batu adalah membantu sekadarnya supaya bisa menambah dana operasionalisasi masjid yang selama ini berasal dari shadaqoh warga sekitar,” ucapnya

Teguh  menyebut, untuk bantuan  Mushola dan Masjid, takmir tidak harus mengurus badan hukum,   Mereka cukup datang dan membawa stempel takmir dan  pengurusnya untuk proses tanda tangan di kwitansi bukti penerimaan saja.

Bila ada Mushola yang belum menerima Bantuan,  Teguh menyarankan agar  mereka mendaftarkan ke Bagian Kesra Pemkot Batu. Jika didaftarkan tahun ini, kemungkinan besar akan menerima DOM tahun depan.

“Kami tidak  tahu kalau ada yang belum dapat, karena yang kami berikan bantuan  berdasarkan data base  tahun lalu,” ucapnya

Sementara itu  Slamet ketua takmir Mushola  Nurul Islam  RW 05 Desa Junrejo Kecamatan Junrejo, mengatakan  bahwa bantuan Rp 1 juta untuk jaman sekarang ini adalah  nilainya kecil, namun demikian ia sangat berterima kasih  kepada Pemkot Batu yang telah peduli memberikan dana operasional tersebut.

“Kalau bisa untuk tahun depan anggarannya ditambah,  karena sekali melakukan penngecatan  dananya tidak cukup Rp 1 juta, untuk menutupi biaya tersbut, kami harus mencari donator dan para dermawan dilingkungannya, Alhamdulillah semua biasa bisa tercaver,” ucap Slamet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here