Wali Murid SMA 1 Grati Keluhkan Biaya Daftar Ulang yang Mencapai 2 Juta Lebih

PASURUAN, (09/06/2018) suaraindonesia-news.com – Pendaftaran siswa – siswi baru di berbagi sekolahan menyisakan berbagai persoalan tersendiri bagi wali murid, salah satunya terjadi di SMAN 1 Grati, Kabupaten Pasuruan.

Merasa beban pembayaran untuk biaya daftar ulang terlalu besar oleh pihak TU SMAN 1 Grati beberapa wali murid mengeluh salahsatunya Anik ulfiana wali murid yang berasal dari Desa Ranuklindungan yang mendaftarkan putrinya lewat jalur mitra warga mengaku bingung karena disodori biaya daftar ulang oleh pihak sekolah yang mencapai Rp.2.180.000, mengingat kebutuhan sangat banyak sementara kondisi ekonomi pas pasan.

“Iya mas tadi waktu daftarkan ulang, pihak TU langsung bilang untuk bayar 2.180.000 rupiah dan karena masih belum siap saya di suruh menghadap kepala sekolah langsung, apalagi ini masih mempersiapkan kebutuhan hari raya,” ujarnya.

Sementara pihak kepala sekolah SMAN 1 Grati Drs.Artadi Nur Aalukianto dikonfirmasi diruang kerjanya belum bisa, masih ada rapat.

Kwitasnsi biaya pendaftaran siswa baru

Meski sudah jelas dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomer 45 tahun 2014 wali murid atau siswa dibebaskan dalam membeli seragam, meski ada beberapa ketentuan lain dalam permendikbud tersebut. Pihak sekolah bisa memfasilitasi pembelian seragam sekolah melalui koperasi sekolah.

Surat edaran Gubernur jawatimur Nomor,120/71/101/2017 tentang SPP SAMA/SMK ada 3 kategori SPP yang di atur dalam surat edaran tersebut ,terendah Rp.60.000 – maksimal Rp.215.000/bulan .

Menurut Saiful Rachman, kepala Dinas Pendidikan Jawa timur beberapa waktu lalu mengatakan bahwa SPP digunakan untuk operasional sekolah termasuk membayar gaji guru tidak tetap. Sementara pungutan sekolah lainya, seperti uang gedung, daftar ulang, ujian sekolah dan sebagainya tidak dibebankan pada siswa karena sudah ditanggung pemerintah provinsi, menyusul dialihkannya pengelolaan SMA-SMK dari kabupaten/kota ke propinsi.

Reporter : Kholilul Rohman
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here