Wakili Indonesia, Santri dan Mahasiswa Al-Amien Sabet Juara 1 Level Internasional

Santri dan Mahasiswa Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang meraih juara pertama tingkat Association of South East Asia Nations (ASEAN) di Malaysia, Senin (02/04).

SUMENEP, Selasa (03/04/2018) suaraindonesia-news.com – Santri dan Mahasiswa Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Amien Prenduan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, kembali menoreh prestasi sangat membanggakan di level internasional.

Tim Debat Bahasa Arab dari salah satu Ponpes terkemuka di Madura itu, meraih juara pertama tingkat Association of South East Asia Nations (ASEAN) di Malaysia, Senin (02/04).

Ponpes Al-Amien Prenduan yang mewakili Indonesia, mendelegasikan dua kontingen untuk tingkat perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Diajang bergengsi yang digelar dari tanggal 30 Maret hingga 02 April tersebut, diselenggarakan di Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) dan diikuti oleh delegasi dari beberapa negara ASEAN.

Kontingen tersebut, terdiri dari mahasiswa Institut Dirosat Islamiyah (IDIA) dan santri Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI). Mereka mampu menyisihkan peserta dari negara tetangga, seperti, Brunai Darussalam, Singapura dan negara lainnya.

“Semoga ini menjadi sebuah keberkahan. Dan Allah meridhai usaha mereka bersama segenap dewan guru di Al-Almien Prenduan,” kata Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA, Pengasuh Ponpes Al-Amien Prenduan.

Sementara, Ustadz Suhaimi Zuhri selaku Pendamping tim debat Ponpes Al-Amien Prenduan mengaku sangat bangga dan terharu atas keberhasilan anak didiknya bisa menjadi yang terbaik dalam lomba debat bahasa Arab bertajuk Intifal Institusi Pengajian Tinggi ASEAN 2018 tersebut.

“Ini tentu prestasi yang luar biasa dan sangat membanggakan. Mereka benar-benar berkompetisi dengan penuh semangat dan tanggung jawab,” tuturnya.

Menurutnya, peserta lomba yang mengikuti kompetisi tersebut merupakan mayoritas santri dan mahasiswa yang meraih juara kompetisi bahasa Arab di negara masing-masing.

“Berkat usaha dan doa restu dari para kiai dan guru, kontingen Ponpes Al-Amien Prenduan mampu meraih juara pertama sekaligus sebagai best speaker,” ujarnya.

“Prestasi ini patut kami syukuri. Namun, tidak lantas berpuas diri. Semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa dan santri lainnya,” tandasnya lagi.

Berikut mahasiswa dan santri Ponpes Al-Amien Prenduan, Sumenep Indonesia yang menjuarai lomba Debat Bahasa Arab se-ASEAN di Malaysia:

1. Kategori Pendebat Terbaik Pusingan (Best Speaker: Alfian Darmawan (IDIA Al Amien Prenduan).

2. Kategori Pendebat Terbaik Pusingan (Best Speaker) : Seif Robert El haq (IDIA Al Amien Prenduan Madura).

3. Juara I Debat Bahasa Arab tingkat sekolah menengah: Delegasi TMI Al Amien Prenduan (Firdaus ulul Abshor asal Bangkalan, Salman Biltyar asal Tasikmalaya, Ilman Faris asal Kepulauan Sapeken Sumenep dan Ali Sajad dari Bluto Sumenep).

Reporter : Jar
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here