Wakil Ketua DPRD Kota Bogor: Antisipasi Pohon Tumbang Dibutuhkan Regenerasi Pohon

Reporter: Iran G Hasibuan

BOGOR, Senin (8/5/2017) suaraindonesia-news.com – Dengan kondisi hujan dan angin kencang beberapa hari yang lalu Kota Bogor kembali dilanda pohon tumbang.

Menurut wakil ketua DPRD Kota Bogor yang juga salah satu motor Gerakan Tanam Pohon (GTP) Heri Cahyono, tumbangnya pohon tersebut, ternyata disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya usia dari pohon itu sendiri.

Ditambahkan Heri , bahwa pohon itu sendiri memiliki usia seperti halnya dengan usia manusia. Artinya, jika pohon tersebut usianya sudah tua berarti pohon itu harus segera diganti dengan pohon-pohon baru dengan cara menanam ulang pohon yang baru (regenerasi).

“Seringnya terjadi pohon tumbang itu karena faktor usianya sendiri, jika usia pohon tersebut sudah tua, biasanya sudah mulai keropos,” ujarnya.

Oleh karena itu disinilah pentingnya peran pemerintah untuk mengecek (mendeteksi) kelayakan pohon tersebut dan harus sesegera mungkin menggantinya dengan menanam pohon yang baru regenerasi), kata Heri saat GTP menanam pohon di kelurahan Cibuluh kecamatan bogor utara kota Bogor, Minggu (07/05).

“Sejauh ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor hanyalah melakukan pemangkas ranting-rantingnya saja. Padahal, ketika pohon tersebut sudah keropos dan membahayakan, maka harus dilakukan penebangan dan diganti dengan pohon yang baru,” Heri.

Sementara Ketua DPP PAN Kota Bogor Safrudin Bima mengatakan, dirinya memberikan support kepada Komunitas GTP yang terus rutin setiap hari minggu menanam pohon.

“Saya bangga dengan GTP yang terus rutin menanam pohon setiap hari minggu,bahkan hari ini sudah mencapai hari ke 140,” terangnya.

Selain itu kata Safrudin Bima ,GTP ini sendiri dengan secara tidak langsung sudah membantu pemerintah kota bogor , dengan itu seharusnya dinas terkait seperti dinas pertamanan sudah seharusnya ikut andil untuk membantu GTP baik itu bibit pohonnya maupun yang lainnya.

Menurutnya selama ini juga pemerintah kota bogor selalu memberikan support kepada GTP , karena dari pantauannya walikota dan wakil walikota bogor juga sering ikut pada kegiatan GTP. Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here