Wabup Abdya, Lepas Peserta Pawai 1 Muharram

Wabup Abdya Muslizar, MT/Ny. Safra Mulyana  saat melepaskan start peserta pawai akbar 1 Muharram.

ACEH ABDYA, Selasa (11/09/2018) suaraindonesia-news.com – Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah,wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Muslizar, MT dan Ny. Safra Mulyana, melepaskan peserta pawai akbar yang dipusatkan di Masjid Agung dan finish Lapangan sepak bola persada Kecamatan Blangpidie. Selasa (11/9).

Pawai akbar dengan menampilkan drum band ini diikuti oleh ribuan orang PNS, pelajar dan santri dari berbagai sekolah dan pondok pesantren (ponpes) diempat Kecamatan, yaitu, Kecamatan Jeumpa, Susoh, Blangpidie dan Setia didampingi guru dan kepala sekolah serta kelompok pengajian kaum ibu.

Barisan peserta pawai akbar Tahun Baru 1Muharram 1440 Hijriyah yang terlihat semangat dan antusias ini, tentu saja menarik perhatian dari masyarakat setempat dan membuat arus lalu lintas di sepanjang rute yang dilalui mengalami kemacetan untuk beberapa menit.

Kepala DSI Abdya Rajuddin, S. Pd,MM mengatakan, dengan kegiatan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya setiap tahun.

“Selain pawai akbar, kegiatan juga diisi dengan pengajian dan ceramah agama, serta perlombaan qiraatul kutub  dan pawai, mulai tingkat SD, SMP, SMA dalam rangka memeriahkan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah,” ujarnya.

Selain untuk memperingati perayaan Tahun Baru Islam, kata dia, kegiatan ini juga untuk menjalin tali silaturrahmi antara pemerintah dengan masyarakatnya, juga sebagai sarana meningkatkan ukhuwah Islamiyah.

Sementara itu, Camat Blangpidie Krisnur, Sp mengatakan, peringatan ini merupakan momentum bagi tiap pribadi muslim, dari prilaku yang kurang baik menjadi pribadi yang lebih baik.

“Melalui tahun baru hijriyah ini, marilah kita menuju perubahan dalam hidup dan kehidupan menuju ke arah yang lebih baik. Mempersiapkan kehidupan di dunia juga persiapan bekal ke akhirat kelak,” terang Krisnur.

Acara ini juga diisi dengan tausiah ceramah agama oleh ustadz H Muhammad Hatta Lc, M.E.d dari Banda Aceh.

Pantauan media ini, dalam kegiatan pawai akbar itu Turut hadir, Wakil Bupati Muslizar, MT/Ny. Safra Mulyana, Kabag Sumda kompol Ishaq, Kabag Ops AKP Awang Bayu Marantika, SH, Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Sutaryo, S.Pd, Mpu Tgk M.Dahlan, Baitul Mal wahyudi, SKPK, Camat, Kapolsek, Danramil, pimpinan Ponpes, sejumlah kepala Desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, pengurus OKP dan lainnya.

Reporter : Nazli.Md
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here