Wabub Nias Hadiri Rapat Dengar Pendapat Pengawasan UU Nomor 30 Th 2009 di Senayan

NIAS, Rabu (08/08/2018) suaraindonesia-news.com – Wakili masyarakat Kabupaten Nias, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH hadiri Rapat Dengar Pendapat dalam rangka Pengawasan UU Nomor 30 tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan guna Kemandirian Energi di Desa dan Daerah Tertinggal.

Rapat dengar pendapat Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia tersebut dilaksanakan di Gedung Nusantara 3 Lantai 8, Ruang Rapat Ketua DPD RI, Rabu (8/8).

“Komite II DPD RI mengapresiasi Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral atas upaya peningkatan rasio elektrifikasi terutama di daerah 3T.
Komite II DPD RI mengapresiasi Kepala Daerah dan PT PLN yang telah membangun insfrasturktur kelistrikan dan transmisi 70 kv sebagai solusi permasalahan pemadaman listrik di Kepulauan Nias. Komite II DPD RI juga mendukung rencana kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memberikan subsidi listrik bagi masyarakat tidak mampu terutama dalam permasalahan instalasi awal listrik,” ucap Kadis Kominfo Dahlanroso Lase

Selain apresiasi, Komite II DPD RI mendesak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menyediakan data akurat mengenai daerah yang membutuhkan listrik desa dan pemanfaatan LTSHE (lampu tenaga surya) selambat lambatnya 30 Agustus 2018.

“Komite II DPD RI mendesak Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menyediakan data akurat mengenai daerah yang membutuhkan listrik desa dan pemanfaatan LTSHE (lampu tenaga surya) selambat lambatnya 30 Agustus 2018 untuk direkomendasikan oleh DPD RI kepada PT PLN dan Kementrian ESDM, serta Komite II DPD RI mendesak pemerintah untuk meningkatan insfrastruktur penunjang di daerah 3T, terutama permasalahan ketersediaan sarana jalan dan jembatan untuk daerah daratan serta transportasi laut untuk wilayah kepulauan,” tutur Kadis menjelaskan hasil rapat tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa Komite II DPD RI mendukung PT PLN dan kementerian ESDM untuk mewujudkan kedaulatan energi melalui pembanguan pembangkit energi baru di Kepulauan Nias dengan tetap mengutamakan pengembangan energi baru terbarukan serta pemanfaatan sumber kelistrikan alternatif seperti LTSHE bagi daerah yang tidak terakomodir listrik.

“Komite II DPD RI mendukung program yang dirumuskan oleh Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Direktorat Jendral Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mewujudkan rasio elektrifikasi 100 persen listrik masuk desa di Kepulauan Nias, dan terakhir Komite II DPD RI mendukung kebijakan dari PT PLN Regional Sumatera Utara Untuk berkoordinasi secara rutin dengan kepala daerah di lingkungan Kepulauan Nias untuk meningkatkan program peningkatan rasio elektrifikasi dan listrik masuk desa,” jelas Kadis.

Selain Wakil Bupati Nias, hadir juga pada rapat dengar pendapat tersebut Bupati Nias Selatan, Bupati Nias Utara, Kadis Perindaq Kabupaten Nias, serta Dr. Nono Sampono, MSi (Wakil Ketua DPD RI), Parlindungan Purba (Ketua Komite II DPD RI), Kadis ESDM Provinsi Sumatera Utara, Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian ESDM, Petinggi PT PLN.

Reporter : Topan
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here