UPPK Wilayah Papua dan Papua Barat Kejar Target Menuju Papua dan Papua Barat Terang Tahun 2020

Kepala Perencanaan dan Kontruksi UPPK Wilayah Papua dan Papua Barat Jefry Sandi. (Maikel/SI)

MANOKWARI, Senin (7 Agustus 2017) suaraindonesia-news.com – Program Nasional menuju Papua dan Papua Barat terang Tahun 2020 oleh Presiden RI Joko Widodo saat ini lagi gencar-gencarnya dikerjakan oleh unit pembangunan proyek kelistrikan (UPPK) Wilayah Papua dan Papua Barat.

Kepala Perencanaan dan Konstruksi UPPK wilayah Papua Barat, Jefri Sandi Karubui yang juga pengawas dalam program ini mengatakan, bahwa di Provinsi Papua Barat ada beberapa kabupaten yang mendapat program ini yakni Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Raja Ampat.

“Untuk Kabupaten Manokwari yang mendapat program ini adalah di Distrik Tanah rubuh, Kabupaten Manokwari Selatan, Distrik Oransbari, Neney, Tahota dan Isim,” ujarnya.

Lanjutnya, untuk Kabupaten Pegunungan Arfak Distrik Catubouw, Minyambouw, Taige dan Sururei. Kab. Raja Ampat, Distrik Misol selatan, Misol barat, Misol timur, Waigo barat, Waigo selatan, Waigo barat kepulauan, Mios mansar, Batanta utara dan Teluk mayalibit.

“Pekerjaan yang kami lakukan adalah pemasangan jaringan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS),” terangnya. Baca Juga: Fakultas Keguruan dan Pendidikan Unipa Adakan Pelatihan Penulisan Artikel Bagi Guru di Manokwari

“Jadi ada Distrik yang mendapat jaringan langsung dari kabupaten induk dan ada Distrik-distrik yang mendapat PLTD atau PLTS. Hal ini disesuaikan dengan medan yang ada,” imbuhnya.

Sementara untuk Distrik Tanah Rubu Kabupaten Manokwari sampai di Distrik Neney Kabupaten Manokwari Selatan, jaringan ditarik langsung dari Kabupaten Manokwari.

“Untuk kabupaten Pegunungan Arfak akan dibangun PLTD dan untuk Kabupaten Raja Ampat akan dibangun PLTS atau PLTD, hal ini akan disesuaikan dengan medan di Raja Ampat yang terdiri dari pulau-pulau,” tuturnya.

Jefri menegaskan, Program ini hanya pemasangan jaringan dan PLTD maupun PLTS, sedangkan untuk meteran dan instalasi ke rumah-rumah tidak termuat dalam program ini.

“Kadang ada masyarakat yang berpikir tugas kami sampai pada pemasangan meteran dan instalasi ke rumah-rumah warga,” ucapnya.

Terkait hal itu Jefri berharap Pemerintah Daerah dapat membantu masyarakat disetiap kampung-kampung yang telah dipasangkan Jaringan dan PLTD/PLTS, agar Masyarakat dapat menikmati listrik yang ada.

Saat ditanya terkait tantangan yang dihadapi saat mengerjakaan pekerjaan ini, Menurut Jefri tantangannya adalah Medan yang cukup berat dari gunung ke gunung dan pulau kepulau. Namun menurutnya pihaknya tetap berkomitmen menyelesaikan tugas ini hingga tuntas. (Maikel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here