UNDP, Dan Dinas Kehutanan Adakan Workshop Bersama Jurnalis

Kegiatan Workshop

Reporter : Inro
Jambi, Suara Indonesia-News.Com – United Nations Development Program (UNDP) bersama dinas kehutanan Provinsi Jambi adakan Workshop bersama Jurnalis pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan Jumat(11/3).

Kegiatan ini dibuka langsung, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Irmansayah Rachmad turut mendampingi perwakilan UNDP, Aminmagatani.

Dikatakan Irmansyah, workshop bersama kalangan jurnalis ini untuk memberikan adanya suatu informasi kepada masyarakat luas dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

“Jambi tahun yang lalu mendapatkan adanya pengalaman pahit, selama 3 bulan lebih mendapatkan kebakaran hutan dan lahan, yang dilakukan oleh oknum perorangan maupun perusahaan, “terangnya.

Kebakaran yang terjadi di Jambi diakibatkan karena terbakarnya lahan gambut, dimana lahan ini sangatlah di sulit untuk dipadamkan kalau sudah terbakar.

“Kerugian yang telah ditimbulkan 2015 lalu telah berdampak buruk bagi masyarakat, kesehatan, perekonomian serta menghanguskan 130 Ha lebih lahan, perkiraan kerugian dana ada sebanyak Rp 12 Trilyun,”ujarnya.

Dalam workshop ini para tim yang telah tergabung dalam bentukan pemerintah provinsi jambi mengajak para jurnalis baik cetak maupun elektronik untuk memberikan suatu efek jera bagi oknum yang membakar dalam bentuk penyampaian informasi.

“Juga di Seluruh Indonesia Provinsi Jambi yang satu-satunya telah mempunyai perda untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan,”tegasnya.

Dan beberapa minggu yang lalu Jambi mendapatkan kunjungan dari DPD RI dalam suatu hearing pembuatan peraturan UU kasusnya sama kebakaran hutan lahan. 2016, Ini Gubernur Jambi telah membentuk tim bersama dalam mencegah.

“Disamping itu juga, peran jurnalis dapat memberikan edukasi kepada masyarakat maupun para pengambil kebijakan termasuk aparat keamanan untuk penegakan hukuman,”ungkapnya.

Sementara itu dari salah satu peserta jurnalis, untuk Dinas Kehutanan selalu berinteraksi kepada para media, selalu mengupdate status web instansi mereka, baik itu masalah hotspot maupun yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here