Ubaya Ajak Daur Ulang Sampah Plastik

Reporter: Cahya

Surabaya, Selasa 20/9/2016 (suaraindonesia-news-com) – Jurusan Teknik Manufaktur Fakultas Teknik Universitas Surabaya bekerja sama dengan Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI) gelar seminar yang mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan sampah plastik.

Seminar Manufacturing Technology Update kali ini mengusung tema “The Power of Plastic Recycling in Nature Preservation”. Seminar ini dilaksanakan pada Selasa, 20 September 2016 pukul 10.00 – 12.00 di Gedung Perpustakaan lantai 5, Kampus Tenggilis Universitas Surabaya Jalan Raya Kalirungkut Surabaya.

Teknik Manufaktur menggandeng pembicara-pembicara yang peduli dan berpengalaman terhadap lingkungan, terutama sampah plastik. Ada dua pembicara dalam seminar ini adalah Penasehat ADUPI, Yoesoef Santo (Dipl. -Chem) akan bicara tentang “Daur ulang Plastik bagi Lingkungan dan Masyarakat”.

Pembicara kedua Willy Tandiyo praktisi pemilik industri daur ulang plastik dari PT. Pradha Karya Perkasa.

Saat ini, Indonesia meduduki peringkat kedua di dunia sebagai negara penghasil sampah plastik terbanyak, Indonesia menyumbangkan sebesar 187,2 juta ton sampah plastik. Untuk itu Teknik Manufaktur Ubaya memberikan kontribusi terhadap permasalahan di atas dan memiliki tanggung jawab sosial sebagai instansi pendidikan yang mengedukasi masyarakat tentang bahaya sampah plastik dan teknik pengolahannya. Bahkan Jurusan Teknik Manufaktur sudah memiliki mesin Recycling sampah plastik untuk media praktek mahasiswa.

Seminar yang menggandeng pemerintah, industri, akademisi diharapkan untuk bekerjasama dan bersinergi dalam mengatasi permasalahan sampah plastik. Sehingga bisa dikembangkan dan dapat diaplikasi oleh masyarakat.

“Sekarang isu yang terjadi di masyarakat adalah tentang sampah plastik yang bisa mencemari lingkungan dan sebagainya, padahal kalau bisa di daur ulang dengan bagus, itu justru bisa ‘ramah lingkungan,” ungkap Sunardi Tjandra, S.T, M.T, selaku Ketua Jurusan Teknik Manufaktur yang merangkap sebagai ketua panitia Seminar Manufacturing Technology Update.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here