Tuntut Kejari Pamekasan Serius Tangani Kasus, Sejumlah LSM Gelar Aksi

Korlap Aksi Zaini Werwer yang memakai kaos putih

PAMEKASAN, Selasa (17/08/2018) suaraindonesia-news.com – Sebanyak delapan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menggelar aksi unjuk rasa didepan gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mempertanyakan keseriusannya korp Adyaksa dalam menangani kasus yang di tangani hingga kini belum ada kejelasan.

Adapun delapan lembaga LSM tersebut diantaranya, Komad, Gempa, Gempar, GPRS, Pandana, Somasi, Panik, SPMP.

Dalam orasinya Zaini Werwer, selaku korlap aksi mengatakan penegakan supermasi hukum seharusnya memberikan kepastian hukum keamanan, kenyamanan dan keadilan bukan sebaliknya.

Aparat penegak hukum harus menjalankan amanat rakyat, amanah konstitusi dalam menegakkan hukum secara benar, jujur adil dan transparan.

“jangan sampai masyarakat turun tangan karena merasa tidak mendapatkan keadilan dan kepastian hukum, kita tidak ingin masyarakat dan negeri ini hancur gara-gara aparat karena melindungi orang-orang yang salah,” ungkapnya.

Werwer, meminta keseriusan kejaksaan dalam upaya melakukan pencegahan serta penyelamatan kebocoran-kebocoran keuangan negara akibat para koruptor.

“Mengacu pada UUD no 16 tahun 2004 tentang kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum di tuntut untuk lebih berperan aktif dalam penegakan supremasi hukum serta pemberantasan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN),” katanya.

Untuk itu gabungan delapan LSM yang menggelar unjuk rasa mengajukan lima tuntutan kepada kejari Pamekasan.

Sementara itu tuntutan para aksi diantaranya : agar Kejaksaan mengusut tuntas dugaan tindak pidana korupsi dalam pembangunan embung, dari semua titik lokasi yang telah menelan anggaran Rp. 2.400 (dua juta empat ratus), tahun anggaran 2017 di dinas hotikultura dan perkebunan. Dua, pembangunan gudang penyimpanan garam. Tiga, pungutan liar pada program prona. Empat, bantuan pupuk organik. Lima, bantuan sarana dan prasarana untuk pengelola garam.

Sementara Kejari Pamekasan Tito Prasetyo, menanggapi aksi tersebut mengatakan jika dirinya sudah bersikap profesional dalam menagani kasus. Dan jika ada masalah segera laporkan ke Kejari pasti di proses secara hukum.

“Kami akan menindak lanjuti terkait tuntutan yang di sampaikan LSM tersebut. Kami sudah secara profesional dalam bekerja dan siapapun pelakunya akan kita tindak apa bila melanggar hukum,” jelasnya.

Reporter : May/Sof
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here