Tingkatkan Kunjungan  Wisatawan, Menpar Minta Perbaikan SDM

Arief Yahya dan Eddy Rumpoko

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Arief Yahya  Menteri Pariwisata (Menpar)  meminta  kepada pemerintah  baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan juga pengusaha wisata  untuk jeli dalam pemasaran dan membaca peluang.  Selain itu  harus ada peningkatan  pengembangan destinasi wisata dan perbaikan sumberdaya manusianya.

Demikian diungkapkan Arief Yahya pada acara  peresmian museum angkut dan museum  D’Topeng Di Jalan Abdul Gani Atas Kota Batu, Jumat (11/12/2015)

Dalam kesempatan itu, Ia mengatakan  untuk menarik kunjungan wisatawan khususnya Wisata  Manca Negara (Wisman),  “Kita harus memiliki tiga resep yakni Pemasaran,  pengembangan destinasi wisata, dan peningkatan Sumber daya manusia (SDM) ” kata dia  

Dibidang pemasaran kata dia,  dari tahun sebelumnya  misalnya 2013 Indonesia menduduki ranking 141 dunia dalam kunjungan wisata, tapi karena jeli dalam pemesaran, 2015  dalam branding wonderful Indonesia menempati raking 47 dunia

Lanjutnya, untuk kota Batu, dalam  peningkatan jumlah kunjungan wisata harus ada perbaikan dan pengembangan  sarana dan prasarana yang mendukung, yakni  misalnya mebuat jalan baru, bandara   yang memadahi.

“Bandara yang ada sekarang ini  di Malang masih kurang mendukung terkesan masih level kecil, harusnya bandara internasional. Namun hingga sekarang usulan dari pemerintah daerah hingga sekarang tak kunjung datang” sesalnya  

Menurut dia, peluang kota Batu  untuk meningkatkan jumlah kunjungan Wisman sangat besar, memiliki potensi wisata yang luar biasa.  Destinasi wisata  yang ada selama ini , harusnya ada atraksi.

“Dengan banyaknya atraksi dan even, ini akan menggugah wisatawan baik local maupun wisman” jelas Arief

Untuk pengembangan museum angkut, arief berpesan hendaknya  petugas jaga  museum angkut harus sesuai kondisi, misalnya  petugas jaga mobil tahun 1945 harusnya berpakian  pada masa tahun 1945, sehingga  dengan penyesuaian pakian itu memiliki nilai sejarah tersendiri, nilai budaya tersendiri dan akan memiliki daya tarik tersendiri.

Terkait masalah Sumber daya manusia, Arief  menawarkan diri kepada pemkot Batu  untuk menyiapkan 100 orang untuk dilatih menjadi  orang yang berpengalaman dalam pengembangan wisata,  100 orang itu nantinya akan dilatih  berbagai ilmu dalam dunia pariwisata termasuk  belajar bahasa Ingris. (Adi wiyono).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here