Tingkatkan Kemampuan Self Defense, Prajurit TNI AL Pelajari Mechanical Advantage Control Hold

Prajurit TNI AL saat Mempelajari Mechanical Advantage Control Hold

Surabaya, 28/7/2016 (Suaraindonesia-news.com) – Dalam lanjutan pembekalan pertahanan diri / self defense yang disampaikan oleh tim United States Navy (USN) Force Protection (FP), sebanyak 40 prajurit TNI Angkatan Laut wilayah Timur menerima teknik Mechanical Advantage Control Hold (MACH), bertempat di Gedung Mandalika, Kolatarmatim, Ujung Surabaya. Kamis, (28/7/2016).

Dipandu oleh MA 2 Adam Baker dan MA3 Zachary Haines, dalam latihan tersebut dipraktekan tentang cara pertahanan diri dengan penguncian lengan yang dijatuhkan ke lantai sebagai cara untuk melumpuhkan lawan. Selanjutnya, peserta yang diikuti oleh Marinir TNI AL melaksanakan latihan tersebut dengan berpasang-pasangan dengan mempraktekan gerakan MACH secara bergantian.

Adapun tujuan dari materi Mechanical Advantage Control Hold ini, merupakanĀ  sebagai pengalaman baru bagiĀ  prajurit TNI AL dalam mempelajari dan memahami prinsip serta teknik pertahanan diri dengan mengutamakan kecepatan gerakan tubuh untuk mematahkan serangan lawan.

Kegiatan tersebut merupakan awal sebelum pembukaan Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) 2016 antara TNI AL dengan Angkatan Laut Amerika yang secara resmi akan berlangsung di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) pada tanggal 2 Agustus 2016.

Dalam latihan sebelumnya telah dilaksanakan pembekalan tentang teori pemeriksaan personil dan materiil pada saat memasuki markas/obyek vital oleh USN FP yang diketuai MAC Bob Herod dan empat personel lainnya yaitu MA2 Adam Baker, MA2 Richard Page, MA3 Alexandra Wright, dan MA3 Zachary Haines.(ADR).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here