Tim Bogor Hejo Manfaatkan Hari Minggu Sosialisasi Manfaat Menanam Pohon Kepada Masyarakat

oleh -182 views
Tampak Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono (Baju Kuning) beserta tim Bogor Hejo semangat usai menanam pohon

Reporter: Iran G Hasibuan

Bogor, suaraindonesia-news.com – Tim Bogor Hejo manfaatkan hari minggu untuk sosialisai manfaat menanam pohon kepada masyarakat, kali ini tim bogor hejo menanam pohon di kelurahan pasir mulya, Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (01/05/2016).

Hadir dalam penanaman pohon kali ini adalah Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Heri Cahyono, Ketua gerakan tanam pohon Dr. Harry Priyadi, alumni fahutan IPB Suparno, Ceo Bogor Today Alfian Muzani dan Tato Marsito dan Amelia Dian serta para tokoh masyarakat setempat.

Pada kegiatan kali ini, tim Bogor Hejo menanam pohon nangka dan jambu boll. Wakil Ketua DPRD Kota Bogor, Heri Cahyono yang setiap harinya melakukan gerakan menanam pohon, sampai-sampai tidak mengenal hari minggu hingga kulitnya terlihat hitam.

“Ilmu tentang pohon harus dikenalkan kembali kepada masyarakat akan bermanfaatnya agar bisa mengenal jenis pohon,” ujarnya.

Ditambahkan Heri, kegiatan penanaman pohon ini bukan hanya sekedar mengenalkan jenisnya saja,tetapi lebih dari itu agar masyarakat bisa mencitainya, sehingga dengan pedulinya masyarakat akan menanam pohon secara tidak langsung masyarakat sudah mencintai alam dan lingkungan.

“kita harus tanamkan cinta akan alam, sebab antara alam dan manusia itu merupakan unsur yang harus saling melindungi dan membutuhkan, jika alam rusak maka akan ada kehancuran bagi umat manusia, sebaliknya jika alam ini terawat dengan baik maka akan berdampak pada kesejahteraan manusia, itulah mengapa kita akan terus lakukan gerakan tanam pohon,” jelasnya panjang lebar.

Heri Cahyono juga mengatakan bahwa menanam pohon juga bagian dari pelestarian warisan budaya nenek moyang kita, kita tau bahwa para leluhur kita banyak memberikan nama-nama daerah dengan dasar nama-nama pohon, contohnya bantar kemang, asal katanya dari pohon kemang, cimanggu itu berasal dari nama pohon manggu atau manggis, kebon pedes dari pohon lada, kebon kelapa, kebon manggis.

“Kita sebagai anak bangsa yang merupakan generasi penerus, tentu harus memahami pesan dan makna dari leluhur tersebut, agar kita bisa melestrikannya dan merawatnya, jika kita mampu mematuhi dan melaksanakam pesan para leluhur tersebut, saya yakin Kota Bogor akan kembali indah,layaknya Kota Botani atau Kota Taman,” katanya.

Heri juga mengamanatkan kepada masyarakat agar kita sebagai warga saling mengingatkan untuk terus menjaga lingkungan masing-masing.

Tinggalkan Balasan