Tidak Lolos Verifikasi, Massa Pendukung Salah Satu Kaddes Ngluruk Panitia

Bambar Ilustrasi

Jember, Suara Indonesia-news.com Puluhan warga dari desa pringgondani, kecamatan sumberbaru kabupaten jember, ngluruk sekretaris panitia pemilihan kepala desa di kantor desa setempat.

Kedatangan puluhan warga tersebut untuk mendesak agar panitia pilkades, meloloskan calon kepala desa atas nama anang suhartono sebagai salah satu kandidat bakal calon kades dan di ijinkan ikut berpartisipasi dalam kontes pesta rakyat yang di gelar 6 tahun sekali pada gelar pilkades tanggal 27 november 2014 mendatang.

Massa menilai, panitia tidak transparan dan tidak adil dalam melakukan seleksi administrasi persyaratan bakal calon. dalam orasinya massa pendukung anang suhartono, menyatakan agar figurnya di ikutkan dalam kontes calon kepala desa, jika panitia pilkades tidak merespon tuntutan yang di ajukan oleh massa pendukung, maka warga mengancam akan melakukan aksi yang lebih besar lagi.

Jaka sembiring, kordinator aksi massa pendukung mengungkapkan, kedatangan massa tersebut untuk mengklarifikasi, tentang keputusan panitia pilkades soal verifikasi calon kades yang tak meloloskan calon yang mereka usung. padahal soal pengajuan persyaratan sudah terpenuhi semua, namun di bahas lagi. sebelumnya panitia menyampaikan, akan berusaha meloloskan anang suhartono sebagai cakades desa pringgondani periode 2014-2020. namun apa yang di sampaikan oleh pihak panitia tidak sesuai dengan apa yang telah di sampaikan sejak awal.

Tak hanya itu, warga menduga verifikasi berjalan tidak normal alias janggal.’’siapa yang tidak kecewa mas bila cakades yang di usung di perlakukan tidak adil oleh panitia pilkades. ini sudah sangat keterlaluan sekali, kami minta kepada BPD dan bupati agar segera memberhentikan semua tim panitia, teriak jaka sembiring yang di sambut yel yel oleh semua massa pendukung anang suhartono’’.

Jaka menambahkan, kalau dalam persyaratan masih ada yang kurang mbok yo bilang, agar kami dari tim sukses bisa mengavaluasi, agar semua persyaratan yang di ajukan oleh pihak panitia bisa terpenuhi semua, eh’’tau-tau’ada pemberitahuan, bahwa calon yang kami usung tidak lolos verifikasi, mereka menengarai tim dari pemkab jember yang bertugas sebagai tim verifikasi tidak netral, sebab hasil verifikasi tersebut sudah bocor, ini di kuatkan oleh cakades lain yang mengetahui bahwa mereka bakal lolos verifikasi.

Dalam aksi yang menyedot perhatian warga tersebut, baru di lakukan gelar musyawarah ulang antara anang suhartono dan panitia serta muspika, namun pihak panitia pilkades tidak mampu menjawab semua pertanyaan dari kubu anang suhartono yang di wakili oleh jaka sembiring.

“kalau panitia tidak bisa menjawab semua pertanyaan terkait domisili dan ijazah percuma kita klarifikasi kepada panitia, karena semua panitia pilkades tidak becus mengurusi hal-hal yang sepele,” tandas jaka.

Sementara itu, ketua panitia pilkades samsul hadi mengatakan, panitia sudah bekerja maksimal dalam melayani warga yang menuntut klarifikasi, hasil verifikasi cakades. warga tidak puas dengan penyampaian pihak ketua panitia pilkades. samsul menambahkan, bahwa semua keputusan verifikasi dalam hal ini pihak pemkab jember, kami sebagai panitia hanya bekerja sesuai mekanisme yang berlaku, pungkasnya.{dik}

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here