Tes Urine Ulang 207 Cakades Tak Jelas

Sekertaris Daerah (Sekda) Puthut Budi Santoso

Sampang, Suara Indonesia-News.Com- Menyusul pernyataan tegas Fadhilah Budiono Wakil Bupati (Wabup) Sampang terkait tes urine ulang bagi Calon Kepala Desa (Cakades) dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Sampang hingga kini belum ada kejelasan.

Hal itu diungkapkan Sekertaris Daerah (Sekda) Puthut Budi Santoso usai mengelar rapat persiapan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan 28 Oktober 2015 mendatang.

“Belum diputuskan tentang tes urine ulang Cakades, karena masih harus kita rapatkan kembali dengan melihat beberapa persyaratan dan kesiapan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk melakukan tes ulang,” kata Puthut, kemarin.

Puthut menuturkan, untuk anggaran tes urine ulang nantinya akan dibiayai langsung oleh Pemerintah Daerah. Sebab, pada tes urine sebelumnya yang sempat diragukan itu, biaya ditanggung masing-masing Cakades.

Tak hanya itu, tahapan tes urine ulang bagi 207 berkas Cakades akan disesuaikan dengan Standard Operating Procedure (SOP). Jika mengacu kepada Peraturan Daerah (Perda) atau Peraturan Bupati (Perbup), maka yang berhak melakukan tes yaitu pihak RSUD Sampang.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat pelaksanaan tes urine ulang bisa diselesaikan. Biaya tes urine ulang akan ditanggung pemerintah karena sudah menjadi bagian pelaksanaan Pilkades,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, pelaksanaan sebanyak 109 Desa di Kabupaten Sampang. Sedangkan anggaran Pilkades bersumber dari APBD 2015 senilai Rp 4,7 milyar.(nor/luk).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here