Ternyata, Dari 49 Pengembang Perumahan Baru Satu yang Menyerahkan Fasumnya ke Pemkab Sumenep

Kepala Dinas PRKP dan Cipta Karya Sumenep, Bambang Irianto

SUMENEP, Rabu (14/03/2018) suaraindonesia-news.com – Kepala Dinas PRKP dan CK Sumenep, Bambang Irianto, M.Si menegaskan hingga saat ini dari jumlah 49 yang terdaftar sebagai pengembang perumahan di Sumenep baru satu yang secara resmi menyerahkan fasilitas umum (Fasum) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Dari 49 pengembangan perumahan yang ada di Sumenep baru satu yang telah menyerahkan Fasum ke PURKP dan CK Sumenep, sedangkan 48 pengembang lainnya masih belum menyerahkan,” kata Bambang saat di temui diruang kerjanya, Rabu (14/3).

Menurut Bambang, satu pengembang perumahan yang menyerahkan fasumnya, yakni Perumahan Nasional (Perumnas) Giling.

“Kami sudah lama melayangkan surat kepada 48 pengembang perumahan itu agar secepatnya menyerahkan fasum tersebut, namun hingga saat ini hanya satu pengembang saja yang menyerahkan,” tutur Bambang.

Sebab, kata Bambang, tanpa dilimpahkan, Pemkab tidak memiliki kewenangan atau tanggungjawab untuk melakukan perbaikan terhadap infrastruktur dikawasan perumahan tersebut.

“Selama Fasum perumahan tersebut tidak diserahkan kepada Pemkab, maka segala bentuk perbaikan baik drainase maupun jalan, bukan tanggungjawab Pemkab melainkan pengembang itu sendiri,” terangnya.

Baca Juga: Disambar Petir, Nelayan Asal Kalianget Sumenep Tewas 

Bambang menuturkan, kurang efektifnya drainase di areal perumahan yang mengakibatkan genangan air hingga masuk ke rumah warga selama ini disebabkan tidak cepatnya pengembang dalam memperbaiki drainase yang ada.

“Harusnya pengembang segera memperbaikinya. Karena bukan tanggung jawab Pemerintah Daerah, melainkan pengembang itu sendiri,” tegas Bambang.

Namun, kata Bambang, jika Fasum sudah diserahkan oleh pengembang, maka akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Untuk itu Bambang meminta agar pengembang perumahan lebih bijaksana menyikapi hal-hal berkaitan dengan infrastruktur dikawasan perumahan itu.

“Tentu demi kenyamanan warga yang tinggal di perumahan itu sendiri,” tukasnya.

Reporter : Zain
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here