Terkait Pelanggaran APK, KPUD Kota Depok Minta Parpol Bisa Berbenah Diri

Depok, suaraindonesia-news.com – Alat Peraga Kampanye (APK)  calon anggota legislatif (Caleg) Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota mulai bergelantungan di pohon di ruas jalan-jalan utama Depok.

Padahal sesuai aturan, baliho yang terpasang itu bertentangan dengan Peraturan KPU No 8 tahun 2012 dan Peraturan KPU No 1 tahun 2013. Apalagi terpasang dipohon yang seharusnya dilindungi bukan rusak seperti dipaku dalam pemasangan Baliho atau atribut kampanye lainnya.

Ketua Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Cimanggis, Siti Paryani mengungkapkan APK tersebut sudah dilaporkan ke KPUD kota Depok, tinggal menunggu responnya.

“APK yang menyalahi aturan sudah saya sampaikan ke KPUD kota Depok, karena kita hanya sebatas itu kewenangannya, KPUD lah yang menindak selanjutnya,” tuturnya Jum’at (15/11/13).

Sementara itu, ketua KPUD Kota Depok, Titik Nurhayati menanggapi hal itu mengatakan pihaknya telah melayangkan surat tegoran terhadap Partai Politik (Parpol) dan minta menertibkannya sendiri APK yang bermasalah.

“Pihak KPUD sudah melayangkan Surat tegoran terhadap APK yang menyalahi aturan, saya juga telah menghimbau ke parpol untuk bisa menertibkannya sendiri,” ungkapnya kepada depok SI.

Menurut Titik, Parpol yang tidak mengerti himbauan tersebut, terpaksa KPUD akan mengambil tindakan dengan mencopot APK yang dipasang melanggar ketentuan.

“Jika himbauan KPUD tidak di gubris oleh Parpol yang jelas melanggar, kita akan buat surat ke pihak Sat Pol PP Kota Depok untuk menurunkannya,” tutupnya.

Reporter : Is

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here