Tahun Ini Dinas Kominfo Dan Persandian Kota Ternate Akan Terapkan Konsep Smart City

Kadis Kominfo dan Persandian Kota Ternate Thamrin Marsaoly

Reporter: Ipul

Ternate Malut, Jumat (27/1/2017) suaraindonesia-news.com – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate melalui program kerjanya di tahun ini akan fokus pada fasilitas penunjang Seperti komputer dan jaringan internet guna mendukung penerapan konsep Ternate Smart city.

Selain itu keuntungan dari konsep tersebut adalah dapat menciptakan perencanaan dan pengembangan kota layak huni yang lebih baik di masa depan dengan berbagai aplikasi yang ditawarkan.

Ternate yang merupakan kota jasa dan perdagangan, tentunya dengan pengembangan konsep Smart city diharapkan dapat memudahkan akses informasi antara masyarakat dengan pemerintah dalam menyikapi berbagai persoalan yang terjadi.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly saat dikonfirmasi suara indonesia-news melalui pesan whatsApp Kamis (26/01) mengatakan, sebagai OPD baru, berbagai urusan yang berkaitan dengan informasi dan komunikasi merupakan tugas pihaknya.

“Kalau sebelumnya konsep ini melekat di masing-masing SKPD, namun dengan adanya OPD baru makan ini menjadi tanggung jawab kami seperti aplikasi Ternate pintar dan beberapa aplikasi lainnya yang bisa di unduh melalui Gadget atau smartphone, dan setiap keluhan masyarakat bisa disampaikan melalui aplikasi tersebut,” katanya.

Selain itu menurut Thamrin, pihaknya juga akan menambah fasilitas internet gratis di area publik seperti taman, pasar dan kampus untuk memudahkan masyarakat dalam berinteraksi melalui handphone mereka.

“Kurang lebih ada empat titik yang akan kami upayakan di tahun anggaran ini, memang kami mengakui, sebagai SKPD baru tentunya keterbatasan anggaran masih menjadi kendala kami,” ujarnya.

Ditambahkan Thamrin, penyiapan aplikasi dan design konten serta penguatan jaringan telekomunikasi merupakan hal penting yang harus menjadi fokus pihaknya di tahun pertama penerapan konsep Ternate Smart city.

“Kami akui pasti semuanya belum bisa terpenuhi dengan anggaran yang ada, namun di perubahan anggaran nanti akan kami lengkapi,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here