SMPN 5 Kota Bogor Terpilih Sebagai Peserta Lomba Sekolah Sehat Tingkat Wilayah

Kepal Sekolah SMPN 5 Kota Bogor dan Perwakilan dari Pemkot

Bogor, Suara Indonesia-News.Com – SMPN 5 Kota Bogor mengikuti Perlombaan Sehat Sekolah Tingkat Wilayah beberapa hari yang lalu.Kepala Sekolah SMP 5 Kota Bogor,Rhohmat M.pd yang diwakili Anik Sri Wahyuni M.pd yang juga salah satu guru kesiswaan di SMPN 5 Kota Bogor mengatakan kepada Suara Indonesia diruangan kerjanya bahwa wilayah yang diperlombakan tersebut antara lain Kabupaten Cianjur,Kabupaten Sukabumi,Kota Depo,Kabupaten Bogor Dan juga Kota Bogor.
Anik Juga menambahkan Peserta Sekolah Yang Perlombakan di Kota Bogor,antara lain:
​SD Sindang Sari,SMPN 5,SMA 4 PHB Kota Bogor,Sekolah-sekolah ini terpilih Lantaran lingkungan sekolahnya dianggap bersih dan sehat. Fasilitas kebersihannya lengkap, dilihat dari ketersediaan toilet bersih, hingga tempat cuci tangan. Selain itu, budaya para peserta didiknya pun dianggap cukup mencerminkan gaya hidup bersih dan sehat.

Dalam kesempatan itu,Pihak-pihak yang menghadiri adalah Perwakilan Pemkot Bogor,Perwakilan Camat Tanah Sareal, Puskesmas Tanah Sareal dan Juga Perwakilan dari dinas Kesehatan Kota Bogor.

Menurut Anik,lomba sehat adalah sarana dalam upaya advokasi terhadap warga sekolah untuk membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat. Yang mana, budaya ini adalah investasi di masa yang akan datang karena akan berdampak pada kesehatan generasi muda Kota Bogor.

“Jika lingkungan sekolahnya bersih dan sehat, peserta didiknya tentu juga akan sehat. Kalau sudah demikian, mereka akan nyaman belajar dan mampu berprestasi,”tegasnya.

Konsep sekolah sehat kata Anik,adalah pendidikan kesehatan, layanan kesehatan, dan pengembangan kesehatan lingkungan. Ketiga aspek ini dikenal dengan trias Unit Kesehatan Sekolah. Di dalamnya, terkandung penyebarluasan informasi dan pengetahuan serta pelibatan secara proaktif berbagai pihak dalam mengembangkan  lingkungan sekolah menjadi sehat.

“Sekolah sehat adalah cerminan budaya prilaku hidup bersih dan sehat baik di sekolah, lingkungan keluarga, maupun masyarakat,”Ujarnya

Dikatakan Anik, terdapat beberapa masalah kesehatan di sekolah yang cukup kompleks.Diantarannya,belum membudayanya prilaku hidup bersih, kurangnya pemahaman tentang kebersihan lingkungan, belum memadainya sarana sanitasi dan air bersih, pengelolaan air minum dan makanan tidak higienis, jajanan tidak sehat, dan lain sebagainnya.

“Untuk mengatas permasalah tersebut, diperlukan upaya yang terencana dan terarah guna mendorong prilaku dan pola hidup bersih dan sehat,”tandasnya.

Anik juga menuturkan bahwa dirinya berharap agar SMPN 5 Kota Bogor dalam penilaian nanti agar sekolah tempat dia mengajar agar terpilih sebagai pemenang Lomba Sehat sekolah Ini. (Iran G Hasibuan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here