Sijago Merah Lalap Hutan Di Orobua

Lokasi Kebaran Lahan di Desa Orobua Kec. Sesena Padang, Kab. Mamasa, Sulawesi Barat

MAMASA, Senin (08/10/2018) suaraindonesia-news.com – Kebakaran lahan terjadi di Dusun Lengkong, Desa Orobua, Kecamatan Sesena Padang, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, sekitar pukul 19:00 yang menurut keterangan warga tidak diketahui penyebabnya.

Sakaria Warga yang juga merupakan pemilik lokasi, mengaku jika pihaknya tidak mengetahui penyebab kebakaran tersebut meskipun lokasi berdekatan dengan rumahnya.

“Tadi sore saya tinggalkan rumah sakit jam lima, begitu saya datang jam 06:30 api suda menyala dari tengah-tengah lokasi saya,” ungkapnya.

Ia juga mengatakan sama sekali tidak mengetahui penyebab kejadian tersebut, ia mengaku kaget saat tiba di rumahnya sekitar pukul 18:30 tiba-tiba melihat api menyala yang bermula di tengah-tengah lokasinya.

“Tentunya kami panik karena sangat berdekatan dengan rumah hanya jalan saja yang membatasi,” Pungkasnya.

Yonathan, Sekretaris Desa Orobua yang tinggal sekitar satu kilometer dari tempat kejadian mengaku kaget saat melihat api sedang menyalah hingga mendatangi lokasi.

“Lahan yang terbakar ini di perkirakan sekitar tiga hektar dan semua adalah milik warga sekitar”, Kata Yonathan.

Ia menjelaskan lokasi tersebut milik warga yang diketahui ada empat rumpun diantaranya ambe natan, Kobus, Yohanes dan Sakaria. Dengan adanya kejadian tersebut membuat warga yang bermukim sekitar lokasi kejadian panik.

Sementara Brigadir Robert, Babin Kamtibmas yang bertugas di Desa tersebut pihaknya masi akan mendalami motif daripada kejadian tersebut.

“Untuk sementara kami belum mengetahui apa penyebab kejadian ini namun kami akan tetap lakukan penyelidikan,” singkatnya.

Menurut pantauan suaraindonesia-news.com dilapangan, sebahagian lokasi telah dibabat dan kemungkinan akan dijadikan lahan tanaman hingga rumput dan pepohonan telah kering dan sangat muda untuk dilalap api, namun menurut keterangan warga kejadian tersebut tidak diketahui penyebabnya.

Namun saat ini dilokasi kejadian terdapat dua unit mobil pemadam kebakaran milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk mengantisipasi rumah-rumah warga sekitar lokasi.

Reporter : Bung Wahyu
Editor : Amin
Publiser : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here