Setelah Sempat Berpolemik, Fadhilah Akhirnya Dilantik Jadi Bupati Sampang

H. Fadhilah Budiono, Saat Wawancara Dengan Sejumlah Wartawan Usai Acara Pelantikan, Kamis (6/7/2017)

SURABAYA, Kamis (6 Juli 2017) suaraindonesia-news.com – Mantan Bupati Sampang dua periode H. Fadhilah Budiono, yang saat ini menjadi Wakil Bupati Sampang dan merangkap Plt Bupati bernasib mujur.

Dia akhirnya dilantik kembali sebagai Bupati Sampang definitif sepeninggal Alm Fannan Hasib.

Gubernur Jatim Soekarwo melantik Plt Bupati Sampang Fadhilah Budiono menjadi bupati definitif di gedung negara Grahadi Surabaya pada Kamis (6/7/2017) pukul 09.00 WIB.

Pelantikan ini dilakukan menyusul setelah adanya keputusan dari Mendagri Tjahjo Kumolo.

Fadhilah diangkat menjadi Plt bupati oleh Pakde Karwo, setelah Bupati Sampang Fannan Hasib meninggal dunia pada 3 Mei 2017.

Pasca dilantik menjadi Plt Bupati Sampang, terjadi polemik apakah bisa Fadhilah Budiono ditetapkan sebagai bupati definitif, karena sudah pernah menjabat Bupati Sampang dua periode sebelumnya.

Setelah muncul permasalah ini, pemprov Jatim lantas mengirim surat ke Kemendagri untuk meminta petunjuk atas permasalahan yang pertama kalinya terjadi di Indonesia ini.

“Sudah ada jawaban dari Kemendagri. Pak Fadhilah diperbolehkan untuk diangkat menjadi bupati definitif,” kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan Umum Setdaprov Jatim Anom Surahno.

Menurut Anom, pelantikan Fadhilah menjadi Bupati Sampang untuk ketiga kalinya tidak melanggar peraturan. Sebab yang diatur dalam undang-undang adalah jika bupati sudah dua periode dilarang mendaftar lagi menjadi bupati.

Sementara yang terjadi pada Fadhilah bukan mendaftar lagi, tapi meneruskan jabatan yang ditinggal oleh bupati.

“Jika ada yang mempermasalahkan ada penjelasannya. Ini adalah pengangkatan sisa masa jabatan. Berbeda kalau daftar kembali, itu yang tidak boleh. Makanya pelantikan akan dilakukan hari ini di Gedung Grahadi yang bakal dihadiri seluruh anggota DPRD Sampang, Forpimda Sampang dan tokoh masyarakat serta tokoh agama Sampang,” jelasnya.

Sementara itu, pengangkatan Fadhilah Budiono itu berdasarkan Surat Keputusan Mendagri Nomor: 131.35-3303 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Sampang.

Keputusan Mendagri ini telah ditetapkan pada 16 Juni 2017 di Jakarta. (nor/luk).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here