Sempat Tertunda, Akhirnya 600 Pejabat Buton Dilantik

oleh -261 views

Reporter : La Ode Ali

Buton, Selasa (3/1/2017) suaraindonesia-news.com – Akhirnya  Pelaksana tugas (Plt) Bupati Buton, Effendi Kalimuddin SH MH resmi melantik sekitar 600 pejabat Eselon II, III, dan IV Lingkup Pemda Kabupaten Buton , Sulawesi Tenggara (Sultra), serta mengukuhkan Camat dan Lurah, Selasa (3/1/2017) di Gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Buton, setelah sempat ditunda yang seyogianya dilakukan pada Jumat (30/12/2016) lalu.

“Seharusnya pelantikan pada hari Jumat lalu dilakukan, tapi ditunda karena Menteri Dalam Negeri belum menyetujui usulan dan pengisian pejabat pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terbaru,” kata Effendi saat memberikan sambutan.

Namun, lanjut Effendi, pada malam pergantian Tahun baru 2017, pihaknya memperoleh informasi dari Kemendagri bahwa rekomendasi yang diusulkan Pemda Buton tentang OPD terbaru sudah diregistrasi dan disetujui.

“Yang saya kwatirkan kalau rekomendasi Mendagri turunnya terlambat melewati Tanggal 31 Desember 2016 lalu. Dan bisa terjadi adanya pensiunan massal bagi Eselon II yang usianya masuk 58 tahun, dan juga kekwatiran saya itu semua SKPD akan berstatus pelaksana tugas,” ungkapnya.

Apalagi lanjut Effendi,dirinya saat ini berstatus sebagai Plt Bupati Buton, sehingga dirinya tidak memiliki kewenangan untuk menentukan kapan pelantikan dilakukan. Karena didalam Pasal 9 dalam PP nomor 74 Tahun 2016 tentang cuti petahana, menegaskan bahwa pelaksana tugas Gubernur, Walikota dan Bupati dapat mengisi dan mengganti pejabat struktural atas persetujuan Mendagri.

“Tapi Alhamdulillah di tahun baru kemarin, justru kita mendapat semacam hadiah tahun baru 2017,”ujarnya.

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Buton bisa mengabdikan diri kepada bangsa dan negara , dan bukan mengabdikan diri pada kepentingan pribadi ataupun kelompok dan golongan tertentu.

“Dan untuk diketahui bersama,Pemda Buton adalah salah satu daerah yang pertama kali mendapatkan persetujuan tertulis dari Mendagri mengenai penyusunan OPD terbaru serta seluruh pejabat sekitar 600 orang yang dilantik ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan