Semangat Kebersamaan Nusantara Pada Porseni Pelindo

Pelindo III_Atlet Pelindo III Heri Siswanto bertanding tenis meja pada laga pertama Porseni Pelindo

Medan, Suara Indonesia-News.Com – Porseni Pelindo 2015 yang diikuti oleh pegawai PT Pelabuhan Indonesia I, II, III, dan IV dihelat di Gedung Serba Guna Universitas Negeri Medan, Medan, Sumatra Utara, pada tanggal 1 hingga 4 November 2015. Ajang dua tahunan ini menjadi kompetisi persahabatan di bidang olah raga dan kesenian dari empat BUMN kepelabulahan nasional tersebut. Selain itu juga menjadi arena seleksi atlet untuk kompetisi olah raga antarinstitusi kepelabuhanan di level Asia Tenggara, APA Sports Meet 2016 di Vietnam.

Pada prosesi defile saat upacara pembukaan, Kontingen Pelindo III yang berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur, tampil simpatik. Ketua Kontingen bersama sepasang muda-mudi dengan pakaian khas Banyuwangi naik ke panggung VIP memberikan sejumlah buket bunga untuk para Komisaris dan Direksi Pelindo yang hadir.

“Aksi simpatik ini kami lakukan setiap penyelenggaraan. Bahkan kami juga memberikan buket bunga jika ada keberatan atas keputusan wasit atau permainan kurang apik dari lawan bertanding,” kata Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto di sela acara.

Semangat tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana dalam sambutannya, bahwa Porseni Pelindo tidak hanya untuk saling mengenal dan memantapkan diri bersatu (bekerja bersama -red).

“Tapi juga memiliki makna khusus, yakni untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi. Semoga semangat yang baik ini dapat dibawa ke pekerjaan sehari-hari. Penuh komitmen dan tanggung jawab”, ungkap Bambang Eka Cahyana disambut semarak tepuk tangan hadirin.

Pembukaan berlangsung semarak karena setiap kontingen menampilkan atraksi budaya khas wilayah kerjanya. Misalnya Pelido IV yang menampilkan Tari Sampe khas Kalimantan Timur, Tari Gandrang Bulo khas Sulawesi Selatan, Tari Yamko Rambe Yamko dari Papua. Serta joged khas Maluku, Poco-Poco yang membuat Direktur Utama Pelindo IVĀ  Doso Agung dan Direktur SDM dan UmumPelindo IV Niken Probowati turut berdiri bergoyang.

“Kemarin (31/10) setelah berkumpul di Makassar, kami terbang enam jam ke sini. Untuk ikut menyemarakkan Porseni ini”, ujar Niken Probowati.

Pelindo I sebagai tuan rumah meramu serunya acara pembukaan. Band Pelindo I mengiringi seluruh atlet, official, serta Komisaris dan Direksi berjoget bersama dengan dalam lagu Maumere. Ratusan selendang khas Batak, ulos, dibagikan sebagai souvenir sembari mengajak seluruh stadion menari Tor-Tor. Marching Band Sinar Husni yang sudah banyak meraih prestasi juga tampil memukau penonton.

Porseni Pelindo 2015 diikuti tak kurang dari 500 atlet yang memperebutkan 117 medali. Ada tujuh cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni golf, futsal, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, bola voli, mini marathon, dan vocal group untuk seni. “Pelindo III mengirim 144 pegawai yang juga atlet untuk berlaga di Medan. Semangat budaya olah raga dan budaya berkesenian agar dapat berkembang dan menular, untuk meningkatkan produktivitas kami dalam bekerja dan membangun untuk negeri” kata Toto Heli Yanto.(Adhi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here