Selamat Bertugas Prajurit TNI Yonif 410 Alugoro

oleh -292 views

Reporter:Lukman

Blora, Sabtu (22/4/2017) suaraindonesia-news.com – Komandan Kodim 0721 Blora Letkol Inf. Susilo mengungkapkan, tugas ke perbatasan di Papua merupakan tugas rutin bagi para prajurit TNI AD. Sebab, mengemban tugas negara dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Tugas di perbatasan tidak hanya menjaga teritorial negara. Namun, juga untuk bersosialisasi dan membawa kebaikan bagi masyarakat setempat,” katanya.

Sebanyak 450 tentara diberangkatkan untuk menjalankan misi pengamanan daerah perbatasan Indonesia-Papua Nugini. Mereka akan disebar di 16 posisi di sepanjang Kabupaten Kerom Propinsi Papua, Sabtu (22/04/17).

Acara pemberangkatan Satgas Pamtas RI-Papua Nugini Yonif 410 Alugoro Blora tersebut telah dilakukan kemarin hari Jumat tanggal 21 April 2017 di lapangan apel Yonif 410 Alugoro.

Ketika pemberangkatan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Blora H. Arif Rohman yang mewakili Bupati Blora H. djoko nugroho dihadiri oleh jajaran Furkopimda yakni, Kapolres Blora AKBP Surisman, S.I.K, M.H. Dandim 0721 Letkol Inf. Susilo, perwakilan dari Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Blora dan selaku tuan rumah Komandan Yonif 410 Alugoro Blora Letkol Inf. M. Heri Amrullah.

Tampak sekali suasana haru yang tergambarkan dari prajurit 410 Alugoro melepas sanak saudara yang akan ditinggal tugas demi menjaga keutuhan NKRI.

Dalam Hal ini acara pelepasan, Letkol Inf Heri Amrullah selaku Komadan 410 alugoro mengatakan, Satgas ini membawa misi untuk menjaga kondisi sosial perbatasan RI-Papua Nugini. Dan diharapkan Satgas harus membawa manfaat baik bagi masyarakat.

“Tugas prajurit 410 di sana selain menjaga daerah perbatasan juga harus menyejahterakan masyarakat di sana. Tak usah muluk-muluk. Beri contoh dan tauladan yang baik kepada masyarakat di sana,” ujar Letkol Inf. Heri Amrullah.

Hery Amrullah menambahkan, setiap peluru yang digunakan selama misi harus dipertanggungjawabkan.

“Saya sama sekali tak mengizinkan kepada para prajurit saya bahwa, peluru digunakan untuk menembak yang bukan sasaran. Satu peluru pun harus dipertanggung jawabkan penggunaannya, jaga daerah perbatasan sebaik mungkin,” kata dia.

Sementara Itu Kapolres Blora AKBP Surisman, SIK M. Hum dalam sambitanya mengatakan dirinya hadir disini mewakili Institusi Polri terutama Polres Blora. Inilah wujud soliditas dan sinergitas yang ditunjukkan untuk tetap menjaga keharmonisan dalam menjaga NKRI dan Harkamtibmas.

“Saya hadir disini untuk memberikan semangat dan doa kepada para prajurit TNI Yonif 410 Alugoro yang akan tugas Pamtas RI-Papua Nugini. Semoga sebanyak 350 prajurit yang akan berangkat ini, diberikan kesehatan, keselamatan, berangkat utuh pulang pun utuh tanpa ada yang sakit bahkan gugur,” ujar AKBP Surisman, S.I.K, M.Hum

Setelah acara apel pergeseran pasukan (SERPAS) selesai, jajaran furkopimda kemudian berjabat tangan kepada seluruh prajurit untuk memberikan motivasi dan doa yang akan berangkat ke Papua menuju pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan menggunakan kapal.

Tinggalkan Balasan