Sekretaris Komisi V DPRA Tinjau Pelaksanaan UN di Abdya

Sekretaris Komisi V DPRA Aceh, Hj Siti Naziah berbincang serius dengan Kadisdik Abdya Drs Yusnaidi MPd saat melakukan peninjauan pelaksanaan Ujian Nasional di SMA Negeri 9 Abdya.

Reporter :

Blangpidie-Abdya, suaraindonesia-news.com – Sekretaris Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Aceh Hj Siti Naziah meninjau pelaksanaan Ujian Nasional ditiga Sekolah dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Rabu (6/4).

Siti Naziah yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Abdya, Drs Yusnaidi MPd, unsur Muskipa Kecamatan setempat serta pengawas sekolah tersebut mengunjungi tiga sekolah yakni SMA Negeri 2 Abdya yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kecamatan Manggeng dan SMA Negeri 9 Abdya di Kecamatan Lembah Sabil serta SMA Negeri 5 Abdya di Kecamatan Tangan-Tangan.

Selain memantau jalannya Ujian Nasional, anggota DPRA fraksi Aceh dari Dapil IX yang meliputi Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Singkil dan Subulussalam tersebut juga meninjau kebutuhan infrastruktur disetiap sekolah yang dikunjungi itu.

Amatan awak media ini, Siti Naziah yang tampil dengan stelan alami tersebut terlihat tidak ingin mengusik konsentrasi peserta Ujian Nasional, ia hanya memantau dari luar ruangan tempat peserta Ujian Nasional manual maupun UNBK disekolah yang dikunjungi.

Disela-sela peninjauan, Siti Naziah kepada awak media menyebutkan, maksud peninjauan tersebut hanya untuk memastikan pelaksanaan Ujian Nasional di Kabupaten Abdya berjalan lancar, tertib dan aman.

”Intinya hanya untuk memastikan saja,”sebut Siti.

Menurutnya Siti, ditiga sekolah dalam dua Kecamatan yang dikunjungi itu, proses pelaksanaan Ujian Nasional sudah cukup lancar tanpa ada masalah.

”Sejauh ini pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini di Abdya berjalan sesuai dengan harapan kita,”tegasnya.

Pada kesempatan itu, adik kandung bupati Abdya Ir Jufri Hasanuddin tersebut mengakui, pihaknya di Komisi V DPRA Aceh yang membidangi Pendidikan sudah sangat respon terhadap kebutuhan dunia pendidikan.

”Kita komit setiap anggaran yang dianggarkan oleh Dinas terkait tetap diperioritaskan  sesuai dengan program serta peningkatan mutu pendidikan,”sebutnya.

Lebih serius Siti menyebutkan, kedepan pihaknya juga akan mengupayakan penyediaan mobil dinas untuk pengawas sekolah diseluruh Aceh, mengingat anggaran untuk pendidikan di Provinsi Aceh mencapai 20 persen dari APBK, APBA maupun dari APBN.

”kita tidak mau kecewa lagi kalau melihat hasil secara nasional selalu dibawah standar,”imbuhnya.

Kepada kepala sekolah dan dewan guru, Siti dengan tegas berpesan untuk terus mengantisipasi terhadap pengaruh narkoba dikalangan pelajar, dikarenakan diusia sekolah merupakan usia transisi, dimana siswa-siswi dibangku SMA masih sangat labil.

”Kita butuh kewaspadaan serta juga tidak terlepas dari pengawasan orang tua terhadap sianak, selain itu juga diperpustakan sekolah harus diperbanyak buku-buku yang ber nuansa keagaman sesuai dengan visi dan misi kepala daerah,”terang Siti.

Sebelum melanjutkan perjalanannya, Siti Naziah mengakui dari hasil laporan Disdik Aceh, akreditasi pendidikan di Abdya cukup baik dengan rata-rata siswa-siswi yang tamatan SMA sederajat tingkat kelulusan diperguruan tinggi Negeri dari tahun ketahun  berinterita terbaik.

“Selain itu dari segi pemertaan guru, sekolah dan peningkatan mutu cukup baik dan saya merasa senang dengan kondisi tersebut,”pungasnya.

Kadisdik Abdya, Drs Yusnaidi MPd mengakui, dengan adanya inisiatif dari anggota DPRA untuk memantau jalannya Ujian Nasional di Abdya itu sangat positif, selain dapat meningkatkan semangat juga dapat meminimalisir kejanggan yang mungkin ada.

“Selain dapat menutupi kejanggalan dan kekurangan, dengan adanya peninjauan ini intergritas nilai juga aan meningkat,”katanya singkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here