Satlantas Polres Blora Akan Tindak Tegas Pelanggaran Lalulintas

Reporter: Lukman

Blora, Senin (14/11/2016) Suaraindonesia-news.com – Lat Operasi Zebra Candi 2016 Di Aula Aryaaguna Polres Blora Dengan teman  Sinergitas Pemangku Kepentingan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dalam  Rangka Pencegahan Dan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas  Wilayah Hukum Kabupaten Blora.

Kasatlantas Polres Blora, AKP  Febriani Aer SIK menjelaskan bahwa operasi zebra candi 2016 targetnya seluruh pengguna jalan, bila melanggar akan dilakukan penindakan (tilang) pelanggaran lalu lintas.

“Ada beberapa jalan yang menjadi atensi untuk dilakukan razia, meliputi tindak Surat Izin Mengemudi (SIM) tidak menggunakan helm standart, tidak membawa surat2 kendaraan, melanggar rambu2, melawan arus. Dan pelanggaran lainnya yang tercantum dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Kasatlantas, pihaknya akan tetap terus pantau para pembalap liar, terutama malam hari di setiap malam Minggu dijalan tertentu.

“Jangan melakukan balap liar, orang tua harap memperhatikan setiap anak-anaknya yang keluar rumah, jangan menggunakan kendaraan dibawah umur,” tegasnya.

Lanjutnya akan dilakukan penindakan pelanggaran yang sering dilakukan oleh angkutan jalan, terutama kendaraan yang tidak layak jalan, angkutan barang tidak sesuai dengan peruntukannya, misalnya kendaraan angkutan barang yang digunakan untuk mengangkut orang, kendaraan-kendaraan proyek yang mengangkut tanah/pasir tidak tutup diatasnya, yang dapat membahayakan pengguna jalan yang lain.

“Dan mengikatkan untuk anak-anak sekolah khusus apabila nanti masih menggunakan sepeda motor. Belum memiliki SIM kami tindak. Sepeda motor kami bawa kekantor polres maupun polsek tempat kami oprasi lalu kami panggil orang tuanya agar mau menandatangi. Agar putra/putrinya tidak membawa kendaran saat di jalan raya umum,” imbuhnya.

Acara ini dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB yang dihadiri oleh Kabag Operasi Kompol I Gede Arda dan seluruh anggota yang ter-sprin baik perwira maupun bintara.

Kegiatan Latihan Pra operasi ini diadakan untuk mendukung kelancaran tugas anggota dalam pelaksanaan operasi Zebra Candi 2016 yang akan berjalan 14 hari ke depan terhitung mulai tanggal 16 November sampai dengan 29 November 2016.

Operasi Zebra Candi 2016 di Polres Blora ini mempunyai sasaran diantaranya para pengguna jalan raya di Kabupaten Blora baik roda dua maupun roda empat yang melanggar tata tertib lalu lintas di jalan wilayah hukum Kabupaten Blora, meliputi pelanggaran tidak membawa surat-surat kendaraan maupun tidak memiliki SIM menjadi sasaran-sasaran tersebut merupakan tindakan masyarakat yang rutin dilakukan untuk kegiatan sehari dalam menjalankan aktifitas bekerja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here