Sambut Hari Badak Se Dunia, Management Jatim Park 2 Beri Kado Istimewa

Foto: Dua ekor Badak betina putih asal Afrika Selatan saat di suguhi kado manis berupa tumpeng. (Foto: Adi Wiyono/SI)

KOTA BATU, Jumat (22 September 2017) suaraindonesia-news.com – Menyambut Hari Badak Sedunia, Management Jatim Park 2, Jumat (22/9) sore memberikan kado manis buat dua ekor badak betina putih asal Afrika Selatan.

Namun pemberian kado manis yang disajikan di dalam bentuk tumpeng itu, hewan ini tidak langsung menyantapnya.

Dua badak yang diberi dengan nama Tisa dan kito itu lebih memilih melihat dulu makanan yang disajikan itu lantaran tumpeng yang disajikan kepadanya tidak seperti biasa yang mereka makan.

Baru setelah sekitar 10 menit , tumpeng yang berisi buah dan sayuran yang disajikan itu meliputi sawi, kubis putih, pisang, apel, semangka, wortel, blewah, dan timun dan juga didalamnya berisi rumput langsung dimakan.

Jatimpark 2 Batu Secret Zoo ini memberikan kado spesial berupa tumpeng buah untuk Si Tisa dan Kito badak putih yang dikemas dengan tema ‘Save Rhinos, Care for the Future’.

Baca Juga: Gegara MK, Warga Intan Jaya Kepung Kantor KPU Pusat

drh Prista Dwi Restanti, dokter hewan Batu Secret Zoo Jatim Park 2 mengatakan pemberian makanan yang tergolong aneh tidak langsung dimakan oleh badak, atau satwa lainnya, pada dasarnya mereka melihat dulu makanannya dengan cara mencoba-coba, setelah dimakan enak baru makan sepuasnya.

Menurutnya, tisa dan kito ini adalah satwa yang dilindungi dan termasuk satwa langka. Indonesia memiliki dua jenis badak, yaitu badak Sumatera dan badak Jawa, yang merupakan salah satu diantara badak langka dunia.

“Dengan kami membuat acara ini sambil mengedukasi kepada masyarakat. Karena badak rentan terancam, banyak ancaman pemburuan liar di luar karena diambil culanya,” kata Prista.

Pada tanggal 22 September 2010, ditetapkan sebagai hari badak dunia yang dimulai di Afrika Selatan, dengan tujuan agar populasi badak tetap terjaga.

Sedang, Guide Cicus Arulan mengatakan perayaan ini menjadi yang pertama kali dirayakan di Batu Secret Zoo. Saat ini di Batu Secret Zoo baru ada dua badak putih berkelamin betina. Berat 2,5 sampi 3 ton asalnya dari Afrika.

Kito usianya 7 tahun dan Tisa usianya 8 tahun dengan bobot sekitar 2600-3000 kg mereka lahir di Singapura Zoo. Rencananya, pada bulan Desember mendatang Batu Secret Zoo akan mendatangkan badak India dan badak putih pejantan.

“Akhir tahun ini rencananya akan ada penambahan lagi,” kata Cicus kepada awak media.

Manager Marketing Holding JTP Grup, Titik S Arianto menuturkan jika JTP Grup ingin menunjukan kepada masyarakat bahwa pihaknya sangat peduli dengan konservasi hewan.

Diharapkan, pengunjung JTP bisa menyaksikan keragaman hewan yang ada beserta informasi lengkap yang disediakan khusus untuk pengunjung.

“Ini bukti keseriusan pihak JTP Grup dalam konservasi dan pengetahuan terutama untuk para pelajar,” pungkasnya. (adi Wiyono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here