Sambut Apeksi, 13 Kota Pamerkan Produk Unggulan

Produk unggulan dari kota Mataram

KOTA BATU, Selasa (17/4/2018) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 13 kota yang tergabung dalam anggota Asosiasi Pemerintah kota Seluruh Indonesia (Apeksi) komisariat wilayah IV meliputi, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (17/4/2018) di halaman Parkir Balai kota Among Tani Kota Batu menggelar pameran produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Panitia penyelenggara pameran produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Apeksi 14, Inol Ertadiansyah saat ditemui, Selasa (17/4/2018) mengatakan pameran digelar mulai 17 April 2018 hingga 19 April 2018 diikuiti oleh 13 Daerah anggota Apeksi komisariat wilayah IV dengan 35 Stan.

“Ada 35 stan yang menggelar pameran produk unggulan dari 13 daerah anggota Apeksi IV, masing-masing daerah memamerkan produk unggulan dengan mengharapkan hasil terbaik termasuk promosi,” kata inol yang juga sebagai Kasi pengembangan Usaha dan pengembangan eksport import Dinas koperasi UKM dan Perdagangan (Diskumdag) kota Batu.

Untuk kota Batu, Kata Inol, memamerkan beberapa olahan sayuran, buah, lukisan souvenir, kerajinan batik, minuman dan rempah, sedang daerah lain seperti kota di NTT, NTB, Bali dan Jawa Timur juga ada memerkan kerajinan batik, kerajinan tangan, painting dan kuliner.

Sementara dengan digelarnya pameran produk unggulan dimasing-masing Daerah yang digelar di kota Batu mendapat sambutan hangat dari anggota Apeksi. Salah satunya dari Kepala dinas Perdagangan kota Mataram Lalu alwan Basri.

Kerajinan batik dari Kota Batu

Ia menyebut dengan digelarnya pameran produk unggulan UMKM di kota Batu, Pemkot Mataram dapat mempromosikan produk unggulan yang potensial dan akan menjadi daya tarik wisatawan tersendiri.

“Kota Mataram kali ini menampilkan berbagai macam produk unggulan yang potensial dengan maksud untuk mengenalkan kepada public agar selanjutnya meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke kota Mataram, karena sekarang ini pemerintah lagi giat-giatnya mempromosikan wisata,” kata Lalu Alwan Basri.

Produk unggulan yang dimaksud kata dia, salah satunya mutiara dan beberapa kain tenun khas Lombok, tetapi dalam pengembangan ekonomi kota Batu dalam kerajinan selalu menampilkan inovasi terbaru sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

“Di kota Batu ini, Alhamdulillah dari tahun ke tahun dengan digelarnya pameran seperti ini telah berdampak baik, terus berinovasi, dan juga dapat memberikan informasi kepada masyarakat hingga jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Mataram selalu bertambah,” jelasnya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here